Gali Potensi Melalui Psikotes, Yuk Kenali Fungsi dan Jenisnya

Kesehatan

Gali Potensi Melalui Psikotes, Yuk Kenali Fungsi dan Jenisnya

Apa yang ada di benak Pointers mendengar kata 'psikotes'? Di benak banyak orang, psikotes identik dengan sederet tes psikologis yang selalu dilalui para pelamar kerja. Tes IQ atau tes inteligensi selalu jadi pusat perhatian para pelamar kerja.

Dilansir verywellmind.com Kamis (5/3/2020), ada beragam jenis psikotes kepribadian yang dapat diberikan, tergantung dengan tujuan pemberiannya. Namun, secara umum, jenis psikotes kepribadian terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Gali Potensi Melalui Psikotes, Yuk Kenali Fungsi dan Jenisnya Self-report inventories

1) Self-report Inventories

Tes ini meliputi rangkaian pertanyaan dan skala yang perlu diisi sesuai dengan diri Anda. Salah satu contoh dari jenis psikotes kepribadian ini adalah MMPI.

Kelemahan dari self-report inventories adalah adanya kemungkinan seseorang menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan dirinya untuk menampilkan dirinya sebagai sosok yang baik dan bisa diterima.

Sayangnya, tes jenis ini memakan waktu yang sangat lama, beberapa orang yang menjalaninya dapat merasa bosan dan akhirnya malah menjawab pertanyaan yang diberikan secara cepat dan sembarangan.

Gali Potensi Melalui Psikotes, Yuk Kenali Fungsi dan Jenisnya Tes Proyektif

2) Tes Proyektif

Berbeda dengan psikotes kepribadian jenis self-report inventories, tes proyektif melibatkan Anda memberitahukan atau menginterpretasikan suatu objek atau skenario tertentu. Salah satu contohnya adalah tes Rorschach.

Tes proyektif juga memiliki kelemahan. Orang yang menjalani tes proyektif bisa saja berbohong mengenai interpretasinya. Hasil tes proyektif juga sangat bergantung dari perspektif psikolognya, berbeda dengan self-report inventories yang dapat dihitung secara objektif.

[Baca Juga: Ini 5 Tipe Kepribadian Dilihat dari Perilaku Keuangan Anda]

Oleh karenanya, dalam setiap psikotes kepribadian, kedua jenis tes ini digunakan bersama-sama dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Terlepas dari itu semua, sejatinya, psikotes kepribadian tidak hanya dilangsungkan saat proses seleksi karyawan, tetapi juga digunakan di berbagai bidang, seperti forensik dan klinis. Bagaimana Pointers, tertarik mencoba?

[Baca Juga: Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah]


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>