Gandeng 2 Investor Danai Delman, Qlue Lirik Big Data

Bisnis

Gandeng 2 Investor Danai Delman, Qlue Lirik Big Data

Pasar big data masih dan akan terus berkembang. Di sisi lain, masih banyak perusahaan di Indonesia yang belum optimal dalam bertransformasi digital, khususnya terkait pengolahan dan analisis big data. Perusahaan lokal penyedia solusi teknologi Qlue menangkap peluang ini dan mencoba berinvestasi di sektor big data melalui perusahaan startup lokal Delman.

Dalam keterangan resmi yang diterima PingPoint.co.id (25/6/2020), Founder dan CEO Qlue Rama Raditya menyatakan komitmennya untuk terus mengakselerasi perubahan positif melalui solusi teknologi. Terkait pendanaan, dia meyakini, sebagai pendatang baru Delman akan menjadi pemain utama di industri big data, dan mendorong big data ke level yang lebih tinggi di Indonesia.

Gandeng 2 Investor Danai Delman, Qlue Lirik Big Data

“Pasar big data di Indonesia akan terus berkembang dan pemenuhan kebutuhan solusi big data pun mulai bergeser ke perusahaan lokal karena solusi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Indonesia. Selain itu kami melihat banyak perusahaan di Indonesia yang ingin melakukan transformasi digital, namun belum optimal dalam mengolah dan menganalisis big data. Kami berharap investasi ini akan membantu Delman untuk terus melakukan inovasi di bidang AI dan machine learning untuk analisis big data,” jelas Rama.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa pendanaan ini merupakan insiasi Qlue bersama Prasetia Dwidharma Ventures dan Intudo Ventures. Kerja sama tersebut direaliasikan melalui pendanaan tahap awal (seed funding) senilai $1,6 juta USD yang dipimpin Intudo Ventures.

[Baca Juga: UMN Membuka Program Peminatan Big Data Analytics]

“Dengan menggabungkan pendekatan lokal dan keahlian teknis tingkat global, Delman mendukung perusahaan di Indonesia melalui solusi big data yang dikembangkan khusus untuk bisnis Indonesia, dengan tujuan akhir membantu end-user memperoleh hasil yang lebih baik. Sejak bertemu dengan founding team Delman di Silicon Valley pada tahun 2017, kami telah melihat pertumbuhan mereka sebagai manajemen yang solid dan kami akan terus mendukung mereka ke depannya,” tutur Founding Partner Intudo Ventures Eddy Chan.

Soal penggunaan atas pendanaan ini, Founder & CEO Delman, Surya Halim, menjelaskan akan menggunakannya untuk melakukan ekspansi bisnis yang agresif, yaitu dengan mengembangkan ekosistem manajemen big data yang dapat digunakan klien untuk membuat prediksi dan keputusan bisnis, serta membangun Delman R&D Center (pusat pengembangan dan riset big data) di Surabaya tahun ini.

Gandeng 2 Investor Danai Delman, Qlue Lirik Big Data

Lebih lanjut dia mengatakan, solusi manajemen big data yang dihadirkan Delman terjamin dapat membantu perusahaan untuk mempercepat proses integrasi data yang berasal dari berbagai sumber, dengan menyajikan berbagai fitur yang dapat diimplementasikan secara mudah seperti Data Cleansing Assistant, Identity Matching, dan juga konfigurasi spesifik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan Seed Funding ke BukuWarung]

“Masalah klasik terkait data di Indonesia adalah banyaknya data yang tidak terstruktur dan tidak serasi satu sama lain, diolah secara tradisional, dan minimnya wawasan tim dalam mengolah data. Kami menemukan bahwa rata-rata perusahaan mengeluarkan $200.000 USD dan 70% waktunya untuk membersihkan [cleansing] dan mengklasifikasikan data menjadi sebuah database [warehousing]," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, banyak data yang bentuknya tidak seragam, tidak beraturan, hingga salah ketik, sehingga menyulitkan data scientist untuk mengolah data tersebut dan menjadikannya analisis yang tepat secara real-time. Oleh karena itu, Delman hadir untuk mempercepat proses integrasi dan pengolahan data dari berbagai sumber hingga 30 kali lebih cepat, dengan mengimplementasikan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan pemelajaran mesin (machine learning) dalam proses data cleansing dan warehousing," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 8 months lalu
    anisa

    Masih tetap #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan. silahkan bisa lsg join dan cukup bermain game kartu yang ada di situs POKER165,CO serta bisa pilih/ambil bonusnya boskuu. Cukup 1 User Id untuk bermain di semua jenis game. POKER165,CO dengan Server IDN Poker Terbaik dan memiliki Win Rate Paling Tinggi saat ini diantara semuanya. POKER165 juga menawarkan berbagai promo istimewa yang di BERIKAN DI DEPAN FULL !! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6281806761237 atau lgs buka link atau situs nya ya boskuu.