Gandeng Ananda Sukarlan, IDCO Persembahkan Untukmu Indonesia

Berita Kawasan

Gandeng Ananda Sukarlan, IDCO Persembahkan Untukmu Indonesia

Indonesia Dance Company (IDCO) di bawah pimpinan Clarista Alim kembali menggelar seni pertunjukkan tertajuk Untukmu Indonesia yang akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada 27 September 2019. Pada pergelaran kali ini, IDCO akan berkolaborasi dengan pianis dan komponis ternama Indonesia, Ananda Sukarlan

Clarista menjelaskan, persembahan karya seni ini merupakan bentuk kebanggaan dirinya terhadap sebi dan budaya Indonesia. “Kami ingin menebarkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini lewat karya seni,” katanya dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat (9/7/2019).

Gandeng Ananda Sukarlan, IDCO Persembahkan Untukmu Indonesia

Annual performance yang keempat ini secara konsisten menyuguhkan berbagai karya seni dan budaya Indonesia. Salah satu yang akan ditampilkan pada pergelaran ini adalah tarian yang terinspirasi dari budaya Indonesia.

“Seperti pergelaran sebelumnya yang konsisten mengangkat seni dan budaya Indonesia, di mana setiap pergelaran menggabungkan antara teknik balet kontemporer dan modern,” kata cucu dari tokoh balet Indonesia, Marlupi Sijingga.

Nantinya, tidak hanya tarian balet klasik saja yang dihadirkan tetapi juga kontemporer. Ada sekitar 7-10 tarian balet dan kontemporer yang akan ditampilkan. Untuk tarian kontemporer asal Indonesia, mulai dari cerita Malin Kundang, tarian suku Dayak khas Kalimantan, tari kontemporer yang di-mix dengan daerah, dan balet yang digabungkan ke kontemporer.

[Baca Juga: Ronggeng Kulawu, Kisah Jugun Ianfu di Galeri Indonesia Kaya]

Di acara yang sama, pianis Ananda Sukarlan menyambut kerja sama seni ini dengan terlibat sebagai komposer untuk menggarap aransemen musik untuk tarian Malin Kundang. Ketetarikan itu diakui karena dalam setiap karyanya selalu menghadirkan elemen budaya Indonesia.

“Saya tertarik saat pertama kali melihat cuplikan tariannya. Sangat bagus sekali koreografinya. Memang dalam setiap karya saya selalu menghadirkan elemen budaya Indonesia,” ungkap Ananda. Elemen budaya ini menjadi penting untuk menampilkan jati diri sebagai bangsa yang kaya akan seni budaya.

[Baca Juga: Revitalisasi Kawasan TIM Usung Konsep Ramah Lingkungan]

Dalam aransemen musik Malin Kundang, Ananda mengakui, ada beberapa influence dari lagu lainnya. Beberapa bagian musik diambil dari lagu Gelang Sipaku Gelang. “Beberapa elemen saya ambil dan saya kemas lagi,” terangnya.

Persembahan karya Untukmu Indonesia ini dikerjakan secara bersama dengan tim Indonesia Dance Company, Jonatha Pranadjaja sebagai ballet mistress, Leonny Ariesa sebagai managing director, dan koreografer seperti Frank, Siko Setyanto, Siti Soraya, Michael Halim.

Read More

Artikel Lainnya

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.


Comments


Please Login to leave a comment.