PIK_KULINER_GANG GLORIA MARKAS KULINER TERJANGKAU DI GLODOK_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kuliner

Gang Gloria, Markas Kuliner Terjangkau di Glodok

Kawasan Pecinan Glodok atau yang juga dikenal dengan nama Chinatown Glodok, kerap dijadikan destinasi wisata. Selain karena suasananya yang kaya akan sejarah, para pengunjung juga sengaja datang ke area di Jakarta Barat ini untuk menikmati beragam kuliner yang ditawarkan di tempat ini.

Berbicara mengenai kuliner khas Glodok, tempat ini memiliki banyak restoran dan tempat makan yang Anda bisa pilih. Namun bila Anda termasuk yang ingin makan enak tapi dengan harga yang terbilang terjangkau, maka area Gang Gloria merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Gang Gloria memang tidak terlalu terlihat dari jalan utama dan memiliki jalan yang kecil. Namun ketika Anda sampai di depan gang ini, maka aroma berbagai makanan pun langsung menggoda indra penciuman Anda. Mulai dari aroma bumbu khas Tionghoa yang harum ketika menyentuh penggorengan, hingga aroma dari uap yang dikeluarkan dari panci para pedagang somay yang berjejer di Gang Gloria dijamin dapat membuat Anda merasa lapar dan ingin mencobanya.

Salah satu camilan yang perlu Anda coba saat pertama kali menginjakkan kaki di gang yang hanya berukuran kurang dari enam meteran ini adalah Bakso Goreng Amoy. Sebenarnya, bakso goreng ini dijajakan oleh toko Bakmi Amoy, namun banyak penikmat kuliner yang datang ke Gang Gloria justru memesan bakso gorengnya.

Sebagaimana dilansir dari kumparan.com, Bakmi Amoy sudah mulai berjualan di Gang Gloria Glodok semenjak 1981. Walau bakmi menjadi highlight utama dalam dagangannya, pemilik Bakmi Amoy mengaku bahwa bakso gorengnya merupakan menu pelengkap yang populer.

Isian utama bakso goreng di Bakmi Amoy terdiri dari daging babi, udang, telur dan tepung. Dengan ukuran yang cukup besar, biasanya bakso goreng ini disajikan ke pelanggan usai dipotong-potong terlebih dahulu kemudian diberikan sambal khusus yang memiliki rasa asam manis.

Rasa bakso goreng yang bercampur gurih serta lembut dan garing, banyak membuat para pecinta kuliner sengaja datang ke Gang Gloria untuk menikmati camilan satu ini. Bakso goreng Bakmi Amoy di Glodok ini dibanderol Rp8.000 per buahnya (harga Maret 2018).

Kemudian, berjalan beberapa langkah setelah Bakmi Amoy, maka Anda dapat menemui para pedagang yang menjajakan somay dan pi’oh. Bagi Anda yang masih asing dengan makanan ini, pi’oh merupakan kuliner olahan daging bulus atau labi-labi. Sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com, pi’oh yang disajikan biasanya dilengkapi dengan kuah tauco dan ada sejumlah pedagang yang menawarkan makanan ini jika Anda berjalan di Gang Gloria.

Satu mangkuk pi’oh terdiri dari daging, kulit, hati, dan kaki bulus yang telah dimasak. Kemudian setelah disiram beberapa kali menggunakan kuah lalu dikeringkan, angciu atau arak merah pun dituangkan beberapa tetes ke dalam mangkuk berisi pi’oh. Setelah itu barulah kuah tauco pun disiram ke mangkuk dan sebagai pelengkap daun ketumbar serta bawang goreng pun diletakkan di atas pi’oh.

Masih ada dua tempat makan legendaris lainnya di Gang Gloria, yaitu Kari Lam dan Kopi Es Tak Kie. Kari Ayam Lam cocok bagi Anda yang ingin menikmati makanan halal khas Glodok di Gang Gloria. Isian utama dari Kari Lam adalah bihun yang disiram dengan kuah kari Tionghoa.

Dengan rasanya yang tidak terlalu kuat, Kari Lam terasa makin mantap dengan suwiran daging ayam di atasnya. Acap kali para pelanggan yang datang, memesan sepiring nasi untuk menemani Kari Lam mereka.

Sebagaimana dilansir dari suara.com, Kari Lam sudah ada semenjak 1973 di Gang Gloria, dan pemiliknya merupakan seorang pria bernama Akiong yang juga memasak serta melayani para pelanggannya. Semangkuk Kari Lam dengan suwiran ayam dibanderol Rp42.000 per porsinya (harga Februari 2018).

Terakhir yang tidak luput wajib Anda coba dan cocok untuk melepas dahaga di Gang Gloria adalah Kopi Es Tak Kie. Anda tidak perlu ragu untuk mencicipi minuman yang ditawarkan tempat ini, mengingat Kopi Es Tak Kie sudah beroperasi semenjak tahun 1927.

Kopi Es Tak Kie memiliki dua pilihan minuman kopi yang dapat Anda pilih yaitu Es Kopi biasa serta Es Kopi Susu. Namun yang direkomendasikan adalah Es Kopi Susu yang dibanderol dengan harga Rp20.000 per gelasnya (harga Agustus 2018). Minuman ini memiliki rasa kopi yang segar dan sedikit manis dari susu kental manis yang tercampur di dalamnya. Jadi cocok untuk menghilangkan dahaga Anda usai berjalan-jalan di kawasan Gang Gloria Glodok serta untuk melawan rasa kantuk.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

17 September 2019, 18:00  |  6 Views

Dalam meningkatkan geliat ikan hias di kawasannya, Pemkot Jakarta Pusat berencana menggelar kontes ikan mas koki.

Pemkot Jakpus Mendukung Program Pengutamaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia

17 September 2019, 17:00  |  8 Views

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa.

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

Kesehatan

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

17 September 2019, 16:00  |  5 Views

Banyak fitur yang bermanfaat tersedia di aplikasi SIDONI yang baru-baru ini telah dluncurkan guna mempermudah akses bagi pendonor.

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Berita Kawasan

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

17 September 2019, 15:00  |  7 Views

Terminal Kalideres saat ini sudah memiliki jalur khusus untuk sepeda demi mendorong pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi.


Comments


Please Login to leave a comment.