Gang Hijau Cemara Hasilkan Produk Unggulan yang Miliki IUMK

Berita Kawasan

Gang Hijau Cemara Hasilkan Produk Unggulan yang Miliki IUMK

Salah satu wilayah yang memiliki program gang hijau ada di Kelurahan Glodok, yakni Gang Hijau Cemara RW 05. Di kawasan tersebut terdapat berbagai jenis tumbuhan, sayuran atau tanaman obat. Urban farming yang dilakukan Gang Hijau Cemara telah menghasilkan salah satu produk unggulannya, yaitu minuman dari sayuran atau tumbuhan kale yang telah memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Sudah sejak lama di kawasan tersebut sudah dapat menghasilkan minuman dari tumbuhan kale 

Sebagai informasi, tumbuhan Kale atau Borecole merupakan jenis kubis-kubisan yang bermanfaat sebagai obat jantung, osteoporosis, dan mata. Produk dari jenis tumbuhan kale ini juga dapat dicampur dengan buah-buahan atau sayuran lainnya untuk dibuat minuman, antara lain dengan buah nanas yang berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Melansir laman barat.jakarta.go.id (01/07/2019) Dalam rangka memperluas ruang hijau di Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus melakukan pembinaan, pendampingan dan memperbanyak urban farming melalui program gang hijau. Pada tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menargetkan ada 160 gang hijau yang dibuat di Jakarta.

Kadis KPKP DKI, Darjamuni, mengatakan urban farming dan gang hijau merupakan upaya implementasi untuk memperluas ruang hijau yang bermanfaat. Di mana kebutuhan ruang hijau di DKI masih kurang dari 15 persen karena terbatasnya ruang terbuka hijau.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

“Selain untuk mewujudkan ruang hijau, gang hijau juga banyak manfaatnya, seperti tersedianya tanaman obat di tengah lingkungan masyarakat. Dari sini juga dapat meningkatkan perekonomian, melaui pendampingan dalam pengolahan hasil dari gang hijau,” jelas Darjamuni, saat mengunjungi Gang Hijau Cemara RW 05 Glodok pada 28 Juni 2019.

Sementara itu Sekretaris Camat (Sekcam) Tamansari Pangestu Aji Swandhanu mengapresiasi inovasi yang dilakukan warga RW 05 Glodok. “Kami sangat bangga kepada semua peran serta dari warga di sini yang selama dua tahun terakhir dalam mewujudkan urban farming di lingkungannya. Ini kebersamaan antara pemerintah dengan warga yang menghasilkan kolaborasi positif serta banyak manfaat untuk lingkungan sekitar,” ujar Aji.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.