Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Kesehatan

Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Memiliki sensasi rasa yang manis dan tekstur yang lembut, ubi berwarna ungul ini kerap diolah dengan cara direbus atau dikukus. Di balik rasa dan tekstur yang unik, ubi ungu juga dapat menggantikan posisi nasi sebagai makanan pokok.

Jika Anda berencana atau sedang menjalani program diet, meninggalkan nasi putih sebagi santapan primer merupakan salah satu cara tepat.

Karena nasi putih termasuk kategori makanan yang mempunyai karbohidrat dengan kadar gula tinggi. Berbeda dengan ubi ungu yang termasuk karbohidrat berkadar gula rendah, sehingga bisa memberi kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi nasi.

Indeks glikemik nasi putih adalah 72,89, sedangkan ubi ungu 62,56. Kesimpulannya, indeks glikemik tertinggi dari kedua bahan makanan ialah nasi, dan diikuti oleh ubi ungu.

[Baca Juga: Diet Mediterania Diprediksi Populer di 2019, Ini Alasannya]

Dilansir dari Downtoearth.org (31/1/2019), ubi ungu diketahui bisa meningkatkan pengaturan gula darah dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan ialah pigmen yang bertanggung jawab atas warna ungu pada ubi.

Ubi ungu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cukup signifikan.

Maka dari itu, mengganti nasi dengan ubi ungu bisa membantu Anda menurunkan berat badan tapi dengan catatan harus dikonsumsi dengan porsi tepat dan tidak berlebihan. Idealnya, Anda mengonsumsi kabohidrat per hari sebanyak 40-60 persen dari kebutuhan kalori setiap hari.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

Asupan karbohidrat sekitar 400 kalori sangat dianjurkan untuk yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan Journal of Medicinal Food (29/1/2019), menemukan bahwa ekstrak ubi ungu juga mampu menyusutkan sel-sel lemak.

Tak hanya baik untuk mengganti nasi sebagai asupan karbohidrat, mengonsumsi ubi ungu juga bisa menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian American Chemical Society, menemukan fakta yakni terdapat efek positif yang mampu menurunkan tekanan darah pada kapiler dan pembuluh darah.

Hal ini membuat ubi ungu merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sebelum mengolah ubi ungu, sebaiknya Anda membeli ubi ungu yang permukannya halus dan tak memiliki bagian yang lembek. Ingat, jangan simpan di dalam kulkas karena bisa merusak kandungan yang terdapat di ubi ungu.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.