Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Kesehatan

Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Memiliki sensasi rasa yang manis dan tekstur yang lembut, ubi berwarna ungul ini kerap diolah dengan cara direbus atau dikukus. Di balik rasa dan tekstur yang unik, ubi ungu juga dapat menggantikan posisi nasi sebagai makanan pokok.

Jika Anda berencana atau sedang menjalani program diet, meninggalkan nasi putih sebagi santapan primer merupakan salah satu cara tepat.

Karena nasi putih termasuk kategori makanan yang mempunyai karbohidrat dengan kadar gula tinggi. Berbeda dengan ubi ungu yang termasuk karbohidrat berkadar gula rendah, sehingga bisa memberi kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi nasi.

Indeks glikemik nasi putih adalah 72,89, sedangkan ubi ungu 62,56. Kesimpulannya, indeks glikemik tertinggi dari kedua bahan makanan ialah nasi, dan diikuti oleh ubi ungu.

[Baca Juga: Diet Mediterania Diprediksi Populer di 2019, Ini Alasannya]

Dilansir dari Downtoearth.org (31/1/2019), ubi ungu diketahui bisa meningkatkan pengaturan gula darah dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan ialah pigmen yang bertanggung jawab atas warna ungu pada ubi.

Ubi ungu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cukup signifikan.

Maka dari itu, mengganti nasi dengan ubi ungu bisa membantu Anda menurunkan berat badan tapi dengan catatan harus dikonsumsi dengan porsi tepat dan tidak berlebihan. Idealnya, Anda mengonsumsi kabohidrat per hari sebanyak 40-60 persen dari kebutuhan kalori setiap hari.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

Asupan karbohidrat sekitar 400 kalori sangat dianjurkan untuk yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan Journal of Medicinal Food (29/1/2019), menemukan bahwa ekstrak ubi ungu juga mampu menyusutkan sel-sel lemak.

Tak hanya baik untuk mengganti nasi sebagai asupan karbohidrat, mengonsumsi ubi ungu juga bisa menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian American Chemical Society, menemukan fakta yakni terdapat efek positif yang mampu menurunkan tekanan darah pada kapiler dan pembuluh darah.

Hal ini membuat ubi ungu merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sebelum mengolah ubi ungu, sebaiknya Anda membeli ubi ungu yang permukannya halus dan tak memiliki bagian yang lembek. Ingat, jangan simpan di dalam kulkas karena bisa merusak kandungan yang terdapat di ubi ungu.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.