Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Kesehatan

Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu

Memiliki sensasi rasa yang manis dan tekstur yang lembut, ubi berwarna ungul ini kerap diolah dengan cara direbus atau dikukus. Di balik rasa dan tekstur yang unik, ubi ungu juga dapat menggantikan posisi nasi sebagai makanan pokok.

Jika Anda berencana atau sedang menjalani program diet, meninggalkan nasi putih sebagi santapan primer merupakan salah satu cara tepat.

Karena nasi putih termasuk kategori makanan yang mempunyai karbohidrat dengan kadar gula tinggi. Berbeda dengan ubi ungu yang termasuk karbohidrat berkadar gula rendah, sehingga bisa memberi kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi nasi.

Indeks glikemik nasi putih adalah 72,89, sedangkan ubi ungu 62,56. Kesimpulannya, indeks glikemik tertinggi dari kedua bahan makanan ialah nasi, dan diikuti oleh ubi ungu.

[Baca Juga: Diet Mediterania Diprediksi Populer di 2019, Ini Alasannya]

Dilansir dari Downtoearth.org (31/1/2019), ubi ungu diketahui bisa meningkatkan pengaturan gula darah dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan ialah pigmen yang bertanggung jawab atas warna ungu pada ubi.

Ubi ungu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cukup signifikan.

Maka dari itu, mengganti nasi dengan ubi ungu bisa membantu Anda menurunkan berat badan tapi dengan catatan harus dikonsumsi dengan porsi tepat dan tidak berlebihan. Idealnya, Anda mengonsumsi kabohidrat per hari sebanyak 40-60 persen dari kebutuhan kalori setiap hari.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

Asupan karbohidrat sekitar 400 kalori sangat dianjurkan untuk yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan Journal of Medicinal Food (29/1/2019), menemukan bahwa ekstrak ubi ungu juga mampu menyusutkan sel-sel lemak.

Tak hanya baik untuk mengganti nasi sebagai asupan karbohidrat, mengonsumsi ubi ungu juga bisa menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian American Chemical Society, menemukan fakta yakni terdapat efek positif yang mampu menurunkan tekanan darah pada kapiler dan pembuluh darah.

Hal ini membuat ubi ungu merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sebelum mengolah ubi ungu, sebaiknya Anda membeli ubi ungu yang permukannya halus dan tak memiliki bagian yang lembek. Ingat, jangan simpan di dalam kulkas karena bisa merusak kandungan yang terdapat di ubi ungu.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.