Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Berita Kawasan

Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Layak atau tidaknya kendaraan penumpang ketika berada di jalan harus tetap dipantau pemerintah melalui pengawasan yang berupa uji kir atau uji berkala. Kini, pelayanan uji kir dipermudah dengan adanya aplikasi Sistem Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (Simpel PKB). Simpel PKB diluncurkan Bank DKI bersama dengan Dinas Perhubungan. Hadirnya aplikasi ini akan memudahkan proses uji kir menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Melansir laman beritajakarta.id (18/09/2019), Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini menjelaskan Simple PKB. Melalui sistem tersebut, pemilik kendaraan penumpang di Jakarta berkode pelat nomor B dapat melakukan proses uji kir secara online. "Waktu untuk melakukan proses uji kir akan terpangkas jauh lebih cepat. Jika sebelumnya berkisar satu hingga dua jam, dengan sistem ini hanya 15 sampai 20 menit," ujarnya.

Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Sebelum melalui uji kir, bagi pemiliki kendaraan penumpang, terlebih dulu melakukan booking online. Setelah itu, membayar secara nontunai melalui beberapa pembayaran elektronik, seperti JakOne Mobile, EDC, ATM Bank DKI ataupun Cash Management System yang telah terintegrasi dengan empat Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) wilayah DKI Jakarta, yaitu Pulogadung, Ujung Menteng, Kedaung Kali Angke dan Cilincing.

[Baca Juga: Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan]

Hery menambahkan, simple PKB memiliki lima fitur untuk membantu pelayanan uji kir ini. Lima fitur tersebut terdiri dari Pendaftaran Booking Online melalui aplikasi e-KIR Jakarta Booking, Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPAD), Integrasi Sistem Layanan dan Pemeriksaan Teknis, Smart Card atau Buku Uji Elektronik serta Dasboard Cek KIR, Sistem Data Monitoring (SIDAMON) PKB dan Portal PKB.

Sementara itu , Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menegaskan, aplikasi simpel PKB akan mempermudah pelayanan dan mencegah terjadinya pemalsuan buku uji kir. “Mulai saat ini pengujian kendaraan bermotor sudah terintegrasi dan menggunakan Smart Card, tidak lagi buku uji kir. Maka dengan Smart Card ini, seluruh data pengujian terintegrasi secara nasional,” kata Syafrin.

[Baca Juga: Perluasan Ganjil Genap Dipandang Bantu Kurangi Volume Kendaraan]

Syafrin menjelaskan cara pembayaran biaya uji atau retribusi uji sudah dilakukan secara cashless. Seluruhnya digitalisasi sudah dilakukan bengkel pengujian kendaraan bermotor di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.