Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Berita Kawasan

Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Layak atau tidaknya kendaraan penumpang ketika berada di jalan harus tetap dipantau pemerintah melalui pengawasan yang berupa uji kir atau uji berkala. Kini, pelayanan uji kir dipermudah dengan adanya aplikasi Sistem Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (Simpel PKB). Simpel PKB diluncurkan Bank DKI bersama dengan Dinas Perhubungan. Hadirnya aplikasi ini akan memudahkan proses uji kir menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Melansir laman beritajakarta.id (18/09/2019), Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini menjelaskan Simple PKB. Melalui sistem tersebut, pemilik kendaraan penumpang di Jakarta berkode pelat nomor B dapat melakukan proses uji kir secara online. "Waktu untuk melakukan proses uji kir akan terpangkas jauh lebih cepat. Jika sebelumnya berkisar satu hingga dua jam, dengan sistem ini hanya 15 sampai 20 menit," ujarnya.

Ganti Buku Uji Kir dengan Aplikasi Simpel PKB

Sebelum melalui uji kir, bagi pemiliki kendaraan penumpang, terlebih dulu melakukan booking online. Setelah itu, membayar secara nontunai melalui beberapa pembayaran elektronik, seperti JakOne Mobile, EDC, ATM Bank DKI ataupun Cash Management System yang telah terintegrasi dengan empat Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) wilayah DKI Jakarta, yaitu Pulogadung, Ujung Menteng, Kedaung Kali Angke dan Cilincing.

[Baca Juga: Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan]

Hery menambahkan, simple PKB memiliki lima fitur untuk membantu pelayanan uji kir ini. Lima fitur tersebut terdiri dari Pendaftaran Booking Online melalui aplikasi e-KIR Jakarta Booking, Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPAD), Integrasi Sistem Layanan dan Pemeriksaan Teknis, Smart Card atau Buku Uji Elektronik serta Dasboard Cek KIR, Sistem Data Monitoring (SIDAMON) PKB dan Portal PKB.

Sementara itu , Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menegaskan, aplikasi simpel PKB akan mempermudah pelayanan dan mencegah terjadinya pemalsuan buku uji kir. “Mulai saat ini pengujian kendaraan bermotor sudah terintegrasi dan menggunakan Smart Card, tidak lagi buku uji kir. Maka dengan Smart Card ini, seluruh data pengujian terintegrasi secara nasional,” kata Syafrin.

[Baca Juga: Perluasan Ganjil Genap Dipandang Bantu Kurangi Volume Kendaraan]

Syafrin menjelaskan cara pembayaran biaya uji atau retribusi uji sudah dilakukan secara cashless. Seluruhnya digitalisasi sudah dilakukan bengkel pengujian kendaraan bermotor di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.