Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi

Kesehatan

Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi

Garam yang juga dikenal sebagai natrium klorida adalah senyawa yang tersusun atas 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Keduanya adalah elektrolit yang memegang peranan penting dalam kesehatan. Elektrolit adalah atom dengan muatan listrik yang ada pada cairan tubuh. Pengaruhnya dalam kerja tubuh manusia ada banyak. Natrium, misalnya, berperan dalam kontraksi otot, fungsi saraf, dan mengatur volume serta tekanan darah. Kekurangan natrium karena berkeringat atau kehilangan cairan bisa menyebabkan kram otot.

Sementara itu, klorida membantu menjaga keseimbangan cairan pada sel agar volume dan tekanan darah tetap stabil. Jadi kalau kedua mineral ini sebetulnya penting, mengapa banyak yang bilang bahwa garam menyebabkan hipertensi alias tekanan darah tinggi?

[Baca Juga: Setelah Listrik 24 Jam, Sentra Garam Siap Dibangun di Pulau Sebira]

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari webmd.com (23/4/2019), sekitar 95 persen orang hipertensi didiagnosis hipertensi primer, yaitu ketika penyebab kondisi ini tidak diketahui. Sedangkan hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan oleh penyakit lain dan masih bisa disembuhkan. Pada hipertensi primer, ada banyak faktor yang disebut-sebut bisa meningkatkan risiko hipertensi, termasuk asupan garam.

Hipertensi adalah kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan) dan gaya hidup. Meski penelitian telah membuktikan bahwa garam dapur adalah salah satu faktor utama pemicu hipertensi dari segi gaya hidup, risikonya berbeda-beda pada setiap orang. Para ahli menemukan bahwa beberapa orang mungkin baik-baik saja meski pola makannya tinggi garam.

[Baca Juga: Cantik dari Luar dan Dalam dengan Bahan Alami Javara]

Yang sangat dianjurkan untuk mengurangi garam terutama orang yang sensitif terhadap garam. Cara terbaik untuk mulai membatasi garam yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan instan dalam kemasan. Pasalnya, sekitar 77 persen dari natrium harian biasanya didapatkan dari makanan kemasan (daging beku, bumbu masak yang sudah diproses, dan makanan kalengan).

Garam Dari Tumbuhan

Selain itu, Anda yang memiliki tekanan darah tinggi juga bisa menggunakan garam dari tumbuhan. Salah satu produk yang bisa Anda coba adalah Garam Nipah Papua dari Javara. Founder dan CEO Javara Helianti Hilman dalam unggahan video di akun sosial media Javara Culture menyampaikan (23/4/2019), “Garam ini dibuat dari ekstrak tanaman Nipah dan memiliki kandungan sodium yang rendah sehingga aman bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.”

Garam Nipah Papua ini juga meraih penghargaan SIAL Innovation Awards 2018 di Paris, Perancis. Ini adalah garam dari tanaman yang pertama mendapatkan pengakuan di tingkat internasional. Demikian disampaikan dalam unggahan Indonesian Trade Attaché Paris pada akhir tahun lalu.

[Baca Juga: Kelainan Genetik yang Pengaruhi Keinerja Jantung]

“Ini kemenangan bersama. Perjalanan singkat kami ke Papua Barat Agustus tahun lalu membuka wawasan terhadap potensi tanaman pangan di hutan Papua dan memotivasi tim kami untuk menghasilkan produk yang dapat mewakili kehebatan kearifan tradisional. Dan kami percaya masih banyak potensi-potensi lain yang bisa dikembangkan,” ujar Heli mengenai kemenangan Javara itu.

Selain memproduksi Garam Nipah Papua, Javara juga memproduksi garam artisan asli Indonesia. Garam-garam tersebut tidak memiliki bahan pengawet, tidak melalui proses pemutihan, dan tidak ada penambahan unsur iodium, jadi Anda akan mendapatkan rasa asli garam Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.