Garda Depan Lawan COVID-19, Tim Medis Masih Butuh Banyak Bantuan

Berita Kawasan

Garda Depan Lawan COVID-19, Tim Medis Masih Butuh Banyak Bantuan

Pandemi COVID-19 terus menggempur Indonesia, puluhan korban jiwa telah berjatuhan. Indonesia dan puluhan Negara lainnya kini sedang berjuang keras memerangi COVID-19. Harapan besar masyarakat ditumpukkan pada pundak tim medis.

Dokter,perawat dan petugas medis lain adalah garda terdepan dalam peperangan melawan penyakit COVID-19. Mereka rentan terpapar Virus Corona SARS-CoV-2. Korban tenaga medis terus berjatuhan, salah satunya dokter senior yang mumpuni di bidang bedah dr. Djoko Judodjoko yang mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (21/3/2020). Dia meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

[Baca Juga: Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI]

Dokter senior dari Universitas Indonesia (UI) yang tulus berdedikasi membantu tim medis rumah sakit menangani kasus Covid-19 ini bukan satu-satunya korban dari keganasan COVID-19. Tercatat per Kamis (26/3/2020) sudah ada enam dokter yang meregang nyawa saat bertugas di seluruh Indonesia.

Teranyar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan hingga saat ini ada 50 tenaga medis yang sudah terpapar COVID-19. Ke-50 tenaga medis yang terpapar itu tersebar di 24 rumah sakit di Jakarta. Selain itu, kata Anies, ada dua tenaga medis yang meninggal dunia akibat COVID-19 di wilayahnya. "Dan ada 2 yang meninggal. Dan ini terjadi di 24 RS di seluruh Jakarta," ujar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Pemprov DKI, Kamis (26/3/2020).

Garda Depan Lawan COVID-19, Tim Medis Masih Butuh Banyak Bantuan

Kondisi ini menggugah sejumlah elemen masyarakat untuk turun tangan membantu dan mendukung para tenaga medis yang sedang berjuang memerangi COVID-19. Ketua Umum Kadin Jakarta Diana Dewi menyerahkan sejumlah bantuan untuk penanganan COVID-19 dan kesejahteraan para tenaga medis ke Pemerintah Provinsi DKI.

Penyerahan itu secara simbolis dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta dan disiarkan secara langsung lewat situs YouTube pada Jumat (27/32020). "Pada hari ini kami Kadin ikut berpartisipasi untuk meringankan beban Pemprov DKI yang begitu berat," kata Diana Dewi dalam siaran tersebut.

Adapun bantuan yang diberikan Kadin DKI Jakarta adalah 200 galon cairan hand sanitizer, 750 pasang sarung tangan karet, beras sebanyak 2,5 ton, 500 pak minyak goreng, 500 pak terigu, dan 12 unit bilik sterilisasi.

[Baca Juga: Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet]

Demikian juga dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melalui program Japfa Peduli melakukan aksi cepat tanggap mendukung pemerintah menangani pandemi COVID-19. Direktur Corporate Affairs Japfa Rachmat Indrajaya mengatakan, Japfa menyerahkan bantuan senilai Rp 700 juta untuk tim medis melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa bahan makanan yang mengandung protein hewani.

“Sebagai perusahaan nasional yang memiliki misi untuk menyediakan protein hewani bagi masyarakat Indonesia, Japfa ingin berpartisipasi membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dengan menyediakan bahan makanan protein hewani yang berkualitas bagi tenaga medis yang berjuang di garis terdepan," kata Rachmat dalam siaran pers yang diterima PingPoint (26/3/2020).

Garda Depan Lawan COVID-19, Tim Medis Masih Butuh Banyak Bantuan

Rachmat mengatakan, protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Asupan protein yang cukup dapat membentuk antibodi untuk membantu mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh. Para tenaga medis yang menangani orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) memerlukan asupan makanan bergizi tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

Senada dengan itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Food Station) turut mengulurkan tangannya dengan mengirimkan 9.210 susu UHT bagi tim medis yang menangani pasien Corona Virus Disease atau COVID-19 di sejumlah rumah sakit umum daerah (RSUD) milik Pemprov DKI Jakarta.

Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara pihaknya dengan PT Sukanda Djaya yang merupakan produsen susu merek Diamond serta BUMD lainnya. “Susu sudah diberikan untuk 1.040 tenaga medis COVID-19 yang menginap di Grand Cempaka Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat,” ujar Arief sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/3/2020).

Dikatakan Arief, susu dinilai bagus untuk menjaga kesehatan bagi para dokter maupun perawat yang bertugas menangani pasien COVID-19. “Tim medis tentu membutuhkan stamina prima. Karena itu pada kesempatan ini kami memberikan 9.210 susu UHT kepada mereka,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 ,org dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.