Rentique X Eureka Fashion Trunk Show Dukung Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Kecantikan dan Fashion

Gaya Hidup Ramah Lingkungan Rentique X Eureka Fashion Trunk Show

Dalam rangka memperingati Hari Bumi dan Hari Kartini yang jatuh di Bulan April, Rentique dan Eureka mengadakan sesi diskusi salah satunya mengenai kampanye #RentReduceReuse dalam acara Rentique X Eureka Fashion Trunk Show. Rentique adalah sebuah perusahaan berbasis aplikasi untuk rental pakaian, aksesoris dan tas desainer, yang juga telah tersedia di Google Play Store sejak Februari 2019. Sedangkan Eureka (eurekawomen.com) adalah sebuah media online yang fokus pada segala hal tentang perempuan di segala umur.

Berbicara mengenai kampanye #RentReduceReuse, kampanye tersebut merupakan salah satu aktivitas kampanye yang sedang dijalankan Rentique. Kampanye #RentReduceReuse ini berangkat dari kepedulian penyelenggara acara terhadap isu limbah industri fashion yang saat ini menduduki posisi kedua tertinggi di dunia, yakni mencapai 80 juta ton dan masih bertambah setiap tahunnya sebagaimana dikatakan Co-Founder & CEO Rentique Dea Amira dalam sesi diskusi yang dihadiri tim Pingpoint.co.id (26/4/2019).

[Baca Juga: Inilah 2 Butik Sewa Gaun Terpercaya di Serpong]

Selain Dea, Putri Indonesia Riau 2019 Sabrina Anggraini dan Fashion Stylist Kenny Key juga mengisi sesi diskusi pertama yang ingin mengkampanyekan #RentReduceReuse kepada para rekan media, tamu undangan dan peserta yang hadir di GoWork Plaza Setiabudi. Dea mengaku memang khususnya para wanita sangat senang membeli pakaian baru. Namun, dia juga menyadari bahwa setiap baju hanya bisa digunakan maksimum lima kali pemakainan. Setelah itu, kualitas baju akan menurun sehingga enggan untuk mendonasikan pakaian yang sudah tidak layak dipakai. Sehingga, pakaian-pakaian tersebut berakhir di tempat pembuangan sampah dan menjadi limbah industri pakaian.

Rentique X Eureka Fashion Trunk Show Dukung Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Dea menambahkan, ada fakta menarik di era saat ini khususnya anak-anak muda tidak jarang yang percaya diri untuk mengunggah foto dengan kostum yang sama dengan foto sebelumnya di media sosial. “Ketika para young generation, millenials, cewek-cewek itu biasanya mereka merasa penting banget social media persons. Jadi jika mereka pake baju, terus udah difoto, mereka enggak akan pakai baju itu lagi yang sama,” ujar Dea.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Sementara, Sabrina juga mengakui bahwa fakta tersebut benar dan dia pun merasakannya. “Dan bener banget soal fakta itu. Misalnya aku beli baju, paling dipakai beberapa kali sih. Atau pakai satu kali, terus foto, udah deh. Nah, pas aku denger Dea bikin Rentique, aku nyobain di awal-awal. Dan menurut pengalaman aku sewa di Rentique itu lebih so much saving my money dan dengan pilihan yang banyak di Rentique, aku jadi lebih bisa mengekspresikan diri aku, style-nya aku itu kayak apa,” jelas Sabrina.

Sedangkan Kenny Key ketika ditanya tanggapannya mengenai kampanye #RentReduceReuse, menurutnya Rentique sudah yang paling benar bagi siapa pun yang menyukai fashion untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Menurutnya, jangan pernah takut jika menggunakan pakaian yang sebelumnya sudah dipakai orang lain. Dia juga menyarankan, jika merental pakaian, gunakan baju-baju dengan warna aman dan padupadankan dengan beberapa aksesoris sebagai salah satu solusi jika ingin terlihat berbeda saat menggunakan pakaian yang sudah dipakai berkali-kali atau pun pakaian yang disewa.

[Baca Juga: Rumah Kami yang Tidak Bungkam di Galeri Cemara Menteng]

Berdasarkan isu dan fakta menarik tersebut, kampanye #RentReduceReuse bertujuan untuk mengajak semua masyarakat untuk mengurangi limbah industri pakaian dengan salah satunya tidak perlu membeli pakaian baru dan mahal. Menyewa lebih baik dibanding membeli pakaian baru karena bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah industri pakaian. Salah satu platform digital yang menyewakan pakaian dengan harga terjangkau adalah Rentique.

Nah, mari mulai dari diri sendiri untuk jadikan gaya hidup ramah lingkungan sebagai metode dalam hidup untuk mendukung kehidupan di masa mendatang.

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.