Gaya Masker Seperti Apa yang Cocok untuk Anak-anak

Kecantikan dan Fashion

Gaya Masker Seperti Apa yang Cocok untuk Anak-anak?

Meskipun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan untuk anak-anak tetap berada di rumah saja, kondisi tertentu akhirnya memaksa orangtua keluar bersama anak. Ketika keadaan memaksa itu akhirnya terjadi, perlu ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, terutama tentang penggunaan masker.

Banyak orang dewasa yang sulit mendisiplinkan diri untuk menggunakan masker. Apalagi dengan anak-anak. Perlu masker yang menarik agar mereka mau memakainya.

Gaya Masker Seperti Apa yang Cocok untuk Anak-anak

Sebelum kita menengok jenis-jenis masker, ada beberapa hal yang wajib diketahui orangtua mengenai protokol kesehatan yang diajurkan IDAI. Catat poin-poin berikut:

  • Anak harus selalu didampingi orangtua atau pengasuhnya selama berasa di luar rumah
  • Anak tetap harus menjaga jarak fisik sejauh 2 meter
  • Anak di atas usia 2 wajib menggunakan masker
  • Face shield bukan pengganti masker dan hanya digunakan bila penggunaan masker tidak bisa dilakukan secara maksimal

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Banyak anak yang tidak suka ada benda yang menutupi wajah mereka. Namun, Anda bisa memilih jenis-jenis masker berikut dan jangan lupa trik cara menjelaskan tentang masker agar mereka tertarik menggunakannya.

1) Masker Buatan Sendiri

Karena menggunakan masker medis tidak dianjurkan, cobalah mengajak anak untuk membuat masker bersama. Biarkan mereka menggambari maskernya, atau mereka bisa memilih baju favorit untuk dijadikan masker.

2) Masker Saputangan

Ajak anak dengan sebuah permainan konstruktif. Mintalah anak Anda yang berusia empat tahun mengenakan saputangan menutupi setangah wajahnya untuk menakut-nakuti Anda. Beri nama tokoh yang garang untuk anak Anda setiap menggenakan saputangan itu. Permainan ini bisa dilakukan setiap malam sebelum ke luar rumah agar anak terbiasa.

Gaya Masker Seperti Apa yang Cocok untuk Anak-anak

3) Masker dengan Elastik Telinga

American Academy of Pediatrics menyarankan bahwa masker kain dengan elastis. Karena, Anda akan lebih sulit memainkan elastik di belakang telinga, daripada masker dengan tali di belakang kepala. Ganti saputangan dengan masker jenis ini secara bertahap dengan permainan yang sama. Kuncinya tetap sama, melatih anak agar terbiasa.

4) Masker Bak Pahlawan dan Topengnya

Ceritakan kisah pahlawan di tengah pandemi yang menggunakan masker. Lalu, coba cari atau buat sendiri masker dengan logo pahlawan super favorit anak. Jika menggunakan masker dapat membuat anak Anda merasa seperti pahlawan bertopeng, dia akan memakainya dengan senang hati.

Dari empat jenis masker itu, hal yang paling penting untuk Anda ingat adalah anak-anak meniru perilaku orangtuanya. Jadi kenakan masker Anda sendiri secara konsisten dan jangan tunjukkan ketidaknyamanan apapun ketika mengenakannya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.