GBH Persiapakan Diri Jelang HUT Ke-74 Republik Indonesia

Pendidikan

GBH Persiapakan Diri Jelang HUT Ke-74 Republik Indonesia

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Tim Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 sudah memulai latihan sejak 1 Agustus 2019. Pelatihan tersebut dilakukan di Wisma Kinasih, Depok hingga 19 Agustus 2019.

Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara yang beranggotakan perwakilan generasi muda dari berbagai daerah ini direkrut melalui proses audisi yang ketat, dan digembleng di bawah binaan Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

Selain menanamkan nilai kebangsaan dan perjuangan, peserta yang tergabung dalam Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2019 ini diharapkan juga memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kecintaan akan keragaman seni budaya Indonesia.

GBH Persiapakan Diri Jelang HUT Ke-74 Republik Indonesia

Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Edi Irawan mengatakan, selain jadwal latihan musikalitas, selama mengikuti pelatihan peserta diberi materi pembekalan bela negara, pembinaan karakter, kunjungan edukasi, dan rekreasi ke berbagai objek yang mendukung pembentukan karakter.

Beberapa mata acara yang akan diikuti anggota GBN 2019 antara lain pembekalan mengenai Pembentukan Karakter dari Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN); Motivasi dan Pengembangan Kepribadian oleh Bambang Pamungkas (atlet sepak bola), dan Wawasan Kebangsaan oleh Wardiman Djojonegoro (Mendikbud 1993-1998).

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Edi juga menerangkan, pergelaran utama GBN adalah pada Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia di Sidang DPR-DPD RI di Gedung DPR/MPR RI, dan puncaknya pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta. “Lagu-lagu yang ditampilkan adalah lagu-lagu daerah yang diubah dalam bentuk medley,” katanya seperti dikutip dari Kemdikbud.go.id (1/8/2019).

Ciri khas Gita Bahana Nusantara adalah susunan orkestra yang memasukkan unsur musik etnik pada instrumennya, seperti sasando, sampek, kendang, kecapi, dan gondang batak, serta aransemen lagu-lagu daerah yang mewakili wilayah-wilayah di Indonesia.

[Baca Juga: Yuk, Ikuti Kompetisi Karya Film Pelajar dari Kemendikbud]

Jenis nyanyian dibagi menjadi empat, yakni nyanyian negeriku, nyanyian nusantara, tembang nusantara, dan tembang Indonesia. Dalam penampilannya, peserta GBH mengenakan pakaian daerah masing-masing, sehingga mencerminkan kebhinekaan bangsa Indonesia.

Secara etimologis, Gita Bahana Nusantara terdiri atas tiga kata yang pemaknaannya berakar dari budaya Indonesia. Kata Gita berasal dari bahasa Sanskerta berarti nyanyian atau lagu. Kata Bahana berarti gema, bunyi (suara) riuh rendah, atau luar biasa. Sedangkan kata Nusantara merujuk pada sebutan bagi wilayah kepulauan Indonesia. Maka yang dimaksud dengan Gita Bahana Nusantara adalah nyanyian yang menggema di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.