Aswaja Batu 1.jpg

Pendidikan

Gedung Aswaja Centre, Pusat Pengkajian di Kota Batu

Kota Batu termasuk bagian dari Kota di Jawa Timur yang meneruskan tradisi Nahdathul Ulama’ (NU) dalam aktivitas beragama Islam. Meskipun organisasi Islam lainnya juga beraktivitas di Kota Batu, namun berbagai sudut wilayah kota ini dihiasi oleh bangunan masjid, pondok pesntren, dan tempat bernuansa isitighosah yang khas dengan tradisi yang dibawa oleh Nahdhatul Ulama’ (NU).

Tak ayal, dalam proses kehidupan sehari-hari, baik secara syari’at ataupun aktivitas simbolik lainnya, pengkajian yang secara rutin pun dilakukan untuk menjaga tradisi dan modernitas dalam beragama Islam dalam naungan NU. Gedung Pusat Aswaja di Kota Batu menjadi sentral dalam pelaksanaan konseptual semua hal itu.

Gedung Pusat Aswaja di Kota Batu selalu membuka pintunya bagi masyarakat umum untuk datang berkunjung atau berdiskusi membahas persoalan Islam terkini. Anggota struktural dari Gedung Pusat Aswaja ini pun berbagai kalangan, dari orangtua yang dianggap sebagai pusat ilmu Ushuliddin sampai anak-anak muda yang masih sedang berkuliah di wilayah Malang Raya. Gedung ini sendiri telah menjadi ruang kegiatan hiburan dengan nuansa Islam dan tradisi yang biasanya dilakukan oleh para Remaja NU di sekitar Malang Raya. Tak jarang juga, kegiatan ini dilaksanakan bersama Remaja NU dari wilayah lain di Indonesia.

Aswaja Batu 2.jpg

Berada di bawah Kaki Gunung Arjuno, membuat Gedung Pusat Aswaja ini tak lepas dari kesejukan dan keindahan yang alami. Tak ayal, kegiatan yang biasanya dilaksanakan oleh Remaja Nu di gedung ini juga sekaligus bertadabbur dengan alam, atau secara sederhana rekreasi di lokasi agrowisata Kota Batu. Kegiatan yang bernuansa Islami pun dibalut oleh kegembiraan yang memuaskan para Remaja NU tersebut.

“Gedung ini menjadi ikon bagi banyak mahasiswa. Selain kami berdiskusi tentang syari’at di sini, kami pun diajak untuk terhibur dengan aktivitas yang terjadwal dan lingkungannya yang sejuk,” ungkap Rohman, Remaja NU yang ditemui PingPoint di lokasi pada 23 Oktober 2021.

Sebagaimana diungkapkan Rohman, Gedung Pusat Aswaja ini juga menyaksikan bagaimana keputusan syari’at tentang beribadah di kala pandemi dikonvensikan. Pengaturan ibadah di rumah ketika hari raya misalnya, menjadi salah satu hasil diskusi panjang yang digarap di gedung ini pula.


Read More

Gedung Aswaja Centre

Pusat Pengkajian Ahlussunnah Wal Jama'ah

+628125975094
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.