Gedung Juang Tambun Akan Segera Direvitalisasi

Berita Kawasan

Gedung Juang Tambun Akan Segera Direvitalisasi

Gedung Juang Tambun merupakan situs sejarah yang terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Gedung Juang merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Bekasi untuk merebut kemerderkaan. Kini, Gedung Juang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk melakukan aktivitas seperti tempat untuk berlatih olahraga maupun pertunjukan seni tradisional.

Karena bangunan bersejarah ini umurnya sudah cukup lama, sehingga dibutuhkan revitalisasi untuk membuatnya tetap terlihat gagah. Untungnya Pemkab Bekasi akan menyegerakan proses pemugaran Gedung Juang ini.

Plt. Bupati Eka Supria Atmaja, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi, dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi Nani Suwarni bersama dengan Tim Ahli mengadakan rapat pembahasan mengenai revitalisasi Gedung Juang Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Masjid Bersejarah di Tambora Jakarta Akan Direvitalisasi]

Bukan hanya Gedung Juang saja yang akan dipugar, Kabupaten Bekasi juga akan membangun ikon lain yaitu air mancur. Rencananya air mancur akan dibangun di sekitar Kalimalang. Air Mancur setinggi 50 Meter bisa jadi kebanggaan Kabupaten Bekasi, karena termasuk air mancur tertinggi di Asia Tenggara.

Sedangkan untuk rencana pembangunan Alun-Alun ini akan dibangun di Deltamas, Cikarang Pusat dengan luas 10 hektare. Namun, masih pembangunan alun-alun ini masih terkendala oleh lahan yang terpakai untuk pembangunan MRT.

Mengutip dari humas.bekasikab.go.id (17/5/2019) rapat yang bertempat di Ruang Rapat Bupati ini membahas tiga program utama untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni penataan kembali Gedung Juang Tambun, perencanaan pembangunan objek wisata air mancur, dan perencanaan pembangunan alun-alun.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Eka menyampaikan, tiga program tersebut segera dipersiapkan dan dianggarkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020. Eka meminta para jajarannya untuk menghitung biaya pembangunan secara seksama dan teliti, karena biaya tersebut akan digunakan untuk membangun tiga ikon Kabupaten Bekasi.

“Saya ingin pembangunan ini bisa berjalan dan persiapannya harus matang,” kata Eka.

Eka menyampaikan penataan kembali gedung tersebut bertemakan Tarumanegara. Ia juga berharap, revitalisasi kali ini memiliki unsur budaya yang diadaptasi dari Kerajaan Tarumanegara.

Selain itu, Eka berharap Gedung Juang bisa jadi pusat kebudayaan Kabupaten Bekasi. Menurutnya, dengan menjadikan Gedung Juang sebagai Pusat Kebudayaan Bekasi, diharapkan nilai-nilai sejarah dan budaya Bekasi tidak akan luntur termakan zaman. Kemudian, Gedung Juang juga dapat menjadi tempat wisata.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.