Gedung Juang Tambun Akan Segera Direvitalisasi

Berita Kawasan

Gedung Juang Tambun Akan Segera Direvitalisasi

Gedung Juang Tambun merupakan situs sejarah yang terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Gedung Juang merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Bekasi untuk merebut kemerderkaan. Kini, Gedung Juang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk melakukan aktivitas seperti tempat untuk berlatih olahraga maupun pertunjukan seni tradisional.

Karena bangunan bersejarah ini umurnya sudah cukup lama, sehingga dibutuhkan revitalisasi untuk membuatnya tetap terlihat gagah. Untungnya Pemkab Bekasi akan menyegerakan proses pemugaran Gedung Juang ini.

Plt. Bupati Eka Supria Atmaja, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi, dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi Nani Suwarni bersama dengan Tim Ahli mengadakan rapat pembahasan mengenai revitalisasi Gedung Juang Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Masjid Bersejarah di Tambora Jakarta Akan Direvitalisasi]

Bukan hanya Gedung Juang saja yang akan dipugar, Kabupaten Bekasi juga akan membangun ikon lain yaitu air mancur. Rencananya air mancur akan dibangun di sekitar Kalimalang. Air Mancur setinggi 50 Meter bisa jadi kebanggaan Kabupaten Bekasi, karena termasuk air mancur tertinggi di Asia Tenggara.

Sedangkan untuk rencana pembangunan Alun-Alun ini akan dibangun di Deltamas, Cikarang Pusat dengan luas 10 hektare. Namun, masih pembangunan alun-alun ini masih terkendala oleh lahan yang terpakai untuk pembangunan MRT.

Mengutip dari humas.bekasikab.go.id (17/5/2019) rapat yang bertempat di Ruang Rapat Bupati ini membahas tiga program utama untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni penataan kembali Gedung Juang Tambun, perencanaan pembangunan objek wisata air mancur, dan perencanaan pembangunan alun-alun.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Eka menyampaikan, tiga program tersebut segera dipersiapkan dan dianggarkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020. Eka meminta para jajarannya untuk menghitung biaya pembangunan secara seksama dan teliti, karena biaya tersebut akan digunakan untuk membangun tiga ikon Kabupaten Bekasi.

“Saya ingin pembangunan ini bisa berjalan dan persiapannya harus matang,” kata Eka.

Eka menyampaikan penataan kembali gedung tersebut bertemakan Tarumanegara. Ia juga berharap, revitalisasi kali ini memiliki unsur budaya yang diadaptasi dari Kerajaan Tarumanegara.

Selain itu, Eka berharap Gedung Juang bisa jadi pusat kebudayaan Kabupaten Bekasi. Menurutnya, dengan menjadikan Gedung Juang sebagai Pusat Kebudayaan Bekasi, diharapkan nilai-nilai sejarah dan budaya Bekasi tidak akan luntur termakan zaman. Kemudian, Gedung Juang juga dapat menjadi tempat wisata.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.