Gedung Juang Tambun Direncanakan Menjadi Kota Tua Bekasi

Berita Kawasan

Gedung Juang Tambun Diinginkan Menjadi “Kota Tua” Bekasi

Berkali-kali disebutkan dalam acara Gedung Juang Artfest pada Sabtu (29/2/2020) bahwa Gedung Juang Tambun diinginkan menjadi seperti Kota Tua di Jakarta. Itu disebutkan oleh Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pembawa acara.

“Belakangan ini Gedung Juang disebut gedung yang angker. Kita mau hilangkan stigma dan mindset orang-orang di Kabupaten Bekasi kalau Gedung Juang bukan tempat yang angker. Tapi tempat hangout yang nyaman dan aman. Ambil contoh seperti Kota Tua nantinya. Kita mau seperti itu, tertata rapi,” ujar Wakil Ketua Pokdarwis Gedung Juang Tambun Bobi Abimanyu pada saat berlangsungnya Gedung Juang Artfest di Kabupaten Bekasi.

Gedung Juang Tambun Direncanakan Menjadi Kota Tua Bekasi

Sementara itu, pembawa acara dalam sesi diskusi pada malam hari bersama tokoh masyarakat dan perwakilan pemerintah daerah mengatakan keinginan Gedung Juang Tambun menjadi destinasi seperti Kota Tua.

Itu disampaikan bersamaan dengan pertanyaan untuk Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Tri Cahyani.

“Bagaimana perkembangan dan cara mengembangkan Gedung Juang? Yang pasti teman-teman komunitas juga pengen tahu, Makanya kita berharap jadi seperti Kota Tua ya,” ujar pembawa acara.

Keinginan ini yang membuat Pokdarwis Gedung Juang melakukan berbagai aktivitas promosi Gedung Juang Tambun, salah satunya dengan menggelar Acara Gedung Juang Artfest 2020.

[Baca Juga: Gedung Juang Tambun Akan Segera Direvitalisasi]

Berlokasi di Pelataran Gedung Juang Tambun, Kabupaten Bekasi, acara ini menggandeng berbagai komunitas untuk ikut serta. Komunitas hadir dari berbagai kawasan, di antaranya Kabupaten dan Kota Bekasi, juga Tangerang.

Terlihat komunitas motor custom, handphone jadul, seni lukis mural, sepeda ontel, skateboard, dan berbagai sanggar pencak silat di Kabupaten Bekasi meramaikan acara. Mereka membuka stand dan menampilkan atraksi maupun benda yang menjadi koleksi mereka.

Gedung Juang Tambun Direncanakan Menjadi Kota Tua Bekasi

Selain wadah promosi destinasi wisata, Gedung Juang Artfest 2020 bertujuan mengapresiasi para seniman dan budayawan yang tergabung dalam sanggar pencak silat serta komunitas. Pokdarwis sebagai inisiator acara ingin mengapresiasi lewat penyediaan wadah berkreasi alih-alih memberikan reward.

Stand dan atraksi komunitas ada sejak pukul tiga sore. Komunitas sepeda ontel, contohnya menggelar barang-barang antik untuk dijual. Meski tidak menghadirkan sepeda ontel secara langsung, mereka yang memang gemar mengoleksi barang antik lainnya hadir untuk berjualan. Terlihat kaset lagu-lagu lawas, cangkir, mainan anak-anak, dan aksesoris tempo dulu.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Sebut Gedung Juang Tambun Bisa Jadi Paket Wisata]

Komunitas handphone jadul memamerkan handphone keluaran zaman dulu. Nokia tipe N70 yang rilis tahun 2005, contohnya. Ponsel-ponsel itu tidak hanya dipamerkan, tetapi dijual. Salah satu anggota mengatakan jika tipe ponsel yang terjual di antaranya nokia seri 3310 tahun 2000.

Hadir pula komunitas motor custom “Real Eagle Motorcycle Club”. Mereka memamerkan motor-motor keluaran pabrik yang sudah dimodifikasi sehingga kini bernama Chopper dan JapStyle.

Di lain sudut, terdapat seniman mural yang menggambar Gedung Juang Tambun yang menurut sang pelukis, Gedung Juang itu sedang terombang-ambing di planet.

Gedung Juang Tambun Direncanakan Menjadi Kota Tua Bekasi

Bermula dari sering nongkrong di Gedung Juang, seniman mural ini akhirnya diajak Pokdarwis untuk meramaikan Gedung Juang Artfest 2020.

“Apresiasi terhadap karya seni, khususnya mural sih karena mural sendiri masih gimana ya, ya udah orang cuma lihat aja. Orang nggak tahu senimannya siapa, malah masih banyak yang sebut ini [mural] vandal,” ujar Ilyas, seniman mural ketika ditanya harapannya untuk pengunjung Gedung Juang Artfest 2020.

Gedung Juang Tambun terletak di Jalan Sultan Hasanudin No.39, Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Ingin mendapatkan keuntungan besar ratusan Juta rupiah dengan bermodal minimal 20 ribu rupiah!! Segera bergabung dengan kami agen judi terpercaya di indonesia dapatkan bonus serta raih promo. poker165,co / situsjadul,com