Gelaran Barongan di Bawah Air Siap Ditampilkan Perdana di Sea World Ancol.jpg

Berita Kawasan

Gelaran Barongan Bawah Air Siap Tampil Perdana di Sea World Ancol

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Saka atau yang dikenal dengan Hari Raya Nyepi khususnya untuk umat Hindu, wahana hiburan Ancol di Jakarta Utara akan menggelar pertunjukkan budaya khas bali, yakni barongan.

Tahun Baru Saka 1941 kali ini akan dilewatkan pengunjung Sea World Ancol dengan sensasi berbeda. pasalnya gelaran barongan akan ditampilkan di dalam air.

Sea World Ancol yang merupakan wahana akuarium yang berbasis edukasi, rekreasi, dan konservasi kelautan menggelar pertunjukkan tersebut dengan tajuk Barongan: An Epic Underwater Show.

Gelaran barongan dipilih karena barong punya makna mendalam dan identik dengan penganut Hindu terbesar di Indonesia, yakni Bali.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Makna barong sendiri sangat mendalam perihal perang kebajikan dan kejahatan. Hal itu pula yang akan menjadi jalan cerita kolaborasi dengan penari kecak di dalam air. Tak cuma itu, pertemuan khusus dengan Barong Bali di darat dan diiringi dengan tarian pendet akan ditampilkan.

Pada pertunjukkan baru dan unik ini, Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, dalam pertunjukan ini, pihaknya memang ingin mengangkat kekayaan budaya yang dikemas dengan unik dan cerita penuh makna.

Tujuan utama diadakannya pertunjukan ini ialah sebagai salah satu cara untuk mengangkat kekayaan budaya khususnya barong Bali yang dikemas dengan unik dalam pertunjukan di darat dan di dalam air dibalut dalam cerita yang memiliki makna," tutur dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/3/2019).

Maka, Manajemen pun turut menggandeng Budayawan asli Bali, Aditya Jaya untuk diajak berkolaborasi guna menghadirkan sensasi khas Bali dalam seni Barongan ini.

[Baca Juga: Eduwisata Buah Hati di PIK Mangrove]

Rencananya, persembahan khusus Barongan: An Epic Underwater Show akan digelar pada Kamis, 7 Maret 2019.

"Di tanggal 7 Maret tetap akan digelar pertunjukan Barongan," Ujarnya.

Gelaran tersebut akan kembali digelar pada 8-10 Maret 2019 dan berlangsung pada pukul 10.45 hingga 13.45 WIB. Anda tak perlu khawatir jika belum bisa datang ke Sea World Ancol pada jadwal tersebut. Sea World Ancol memberikan jadwal tambahan khusus penampilan barongan pada 16-17 Maret.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.