Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh1.jpg

Bisnis

Geliat Ekonomi Digital, Program Startup Telkom Lakukan Rebranding

Di tahun 2009 PT Telkom Indonesia mendirikan program untuk mengapresiasi kreativitas serta inovasi digital di Tanah Air bernama Indigo dan menjadi yang pertama yang benar-benar dikelola oleh BUMN. Kemudian pada tahun 2013, program ini dikembangkan sepenuhnya untuk menjadi program inkubasi serta akseralasi perusahaan startup digital dan membina puluhan ribu talenta digital di Indonesia. Menginjak usianya ke delapan tahun di 2021 ini, program Indigo pun memutuskan melakukan rebranding dalam upaya menyambut geliat ekonomi digital di Tanah Air.

Perkembangan geliat ekonomi digital di Indonesia sebenarnya mulai terlihat dengan mergernya dua raksasa perusahaan digital Gojek dan Tokopedia sehingga berhasil menginjak valuasi terbesar di Asia Tenggara. Tak lupa dengan Bukalapalak yang memutuskan IPO dan menjadi perusahaan startup unicorn pertama di Asia Tenggara yang melakukan hal tersebut. Alumni dari program Indigo pun turut mengalami perkembangan dan ini terlihat dari Payfazz yang memutuskan membentuk Fazz Financial Group atau FFG setelah sebelumnya mengakusisi startup paymet gateway asal Singapura, yakni Xfers.

Sambut Geliat Ekonomi Digital Indonesia, Program Startup Telkom Lakukan Rebranding.jpg

Perkembangan yang menunjukkan iklim yang positif terhadap ekonomi digital itulah yang memicu Telkom memutuskan melakukan rebranding terhadap Indigo. Hal ini disebut dalam rangka menjawab tantangan perubahan dalam mempercepat pengembangan ekosistem startup dan pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air. Tak lupa pandemi COVID-19 yang membayangi Indonesia selama lebih dari setahun juga turut berperan dalam upaya rebranding ini.

“Proses rebranding Indigo merupakan respons PT Telkom Indonesia untuk menyesuaikan dengan perubahan dalam menjalankan program inkubasi dan akselerasi startup digital di era ‘New Normal’ akibat pandemi COVID-19 ini. Kebaruan dari proses rebranding bukan hanya secara internal dalam hal pengelolaan program inkubasinya, melainkan juga meluncurkan inisiatif secara eksternal yang besar harapannya bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang nyata bagi Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (7/9/2021).

Sambut Geliat Ekonomi Digital Indonesia, Program Startup Telkom Lakukan Rebran ding.jpg

Rebranding Indigo ini dimulai dengan memberian tagline baru melalui #TransformNation yang disebut sesuai dengan misi program dari Telkom ini yang mencari ide digital kreatif karya anak negeri dari berbagai penjuru Indonesia dalam upaya mengubah bangsa. Untuk merealisasikannya, Indigo sudap siap dengan menghadirkan pengembangan startup dari tahapan dasar yaitu pre-startup hingga ke ranah investasi. Pihak Indigo pun siap menggandeng para talenta digital baru Tanah Air melalui startup batch intake yang dilakukan dua kali setiap tahun.

Berkiprah selama delapan tahun di Indonesia, sepak terjang Indigo dalam mengembangkan startup Tanah Air berhasil membina 52.276 talenta digital yang tergabung di 17 IndigoSpace yang ada di berbagai wilayah. Kemudian untuk pembinaan program Indigo yang bersifat end-to-end sudah ada 194 startup yang terbagi di 15 jenis industri. Bahkan Indigo juga berhasil menghadirkan IndigoGame yang difokuskan untuk pengembangan startup video game. Bila Anda salah satu yang memiliki ide startup digital yang matang, Indigo saat ini telah membuka seleksi Indigo startup intake Batch 2-2021 untuk masuk program pembinaan startup dari Telkom tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.