Geliatkan Minat Baca di Rusunawa Marunda, Dispusip DKI Jakarta Lakukan Ini.jpg

Pendidikan

Geliatkan Minat Baca di Rusunawa Marunda, Dispusip DKI Jakarta Lakukan Ini

Sejak tahun 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang memperhatikan terkait minat membaca buku masyarakat Ibu Kota yang ia ingin dorong agar menjadi lebih baik. Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta pun terus berusaha merealisasikan visi meningkatkan minat baca masyarakat bahkan di masa pandemi COVID-19. Hal ini tentu saja dalam rangka mendorong Jakartta menjadi kota literasi serta berbudaya baca. Salah satu upaya dari Dispusip DKI Jakarta dalam menggeliatkan minat baca ini terlihat dari program yang akan segera diluncurkan di area Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara.

Program yang akan digelar mulai April hingga November 2021 di rusun yang berada di wilayah Cilincing itu berbentuk layanan Antar Buku. Di mana pihak Dispusip DKI Jakarta akan mengantarkan buku-buku bacaan yang bermanfaat untuk para warga di Rusunawa Marunda. Tentu saja langkah ini demi meningkatkan budaya membaca sekaligus memberikan kegiatan bermanfaat di momen dengan aktivitas yang terbatas di luar rumah akibat pandemi COVID-19.

Geliatkan Minat Baca di Rusunawa Marunda, Dispusip DKI Jakarta Laku kan Ini.jpg

“Layanan Antara Buku ini supaya kebutuhan masyarakat terhadap informasi terutama dari buku tetap bisa kami berikan dan penuhi, sekaligus untuk meningkatkan budaya membaca,” ungkap Kepala Bidang Deposit Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Dispusip DKI jakarta Bambang Chaidir, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (29/3/2021).

Selain utamaya memudahkan akses warga Rusunawa Marunda terhadap buku-buku bacaan, program ini ditujukan memang dipicu terbatasnya lokasi serta peminjaman buku di area tersebut. Pasalnya, berbagai perpustakaan di sana, dari mulai perpustakaan biasa hingga stasioner dan keliling masih belum beroperasi. Untuk memenuhi kebutuhan membaca warga Rusunawa Marunda, Dispusip DKI Jakarta sudah mempersiapkan hingga 2.400 buku bacaan yang nantinya akan dibagikan ke setiap unit.

[Baca Juga: Melalui IKRA, Pemkot Jakarta Timur Dorong Minat Baca Warganya Saat Pandemi]

Buku yang didistribusikan pun terdiri dari berbagai genre, seperti fiksi sampai yang membahas mengenai keterampilan akan disediakan oleh Dispusip DKI Jakarta. Dengan sistem dari program ini adalah pihak Dispusip DKI Jakarta mengirimkan bukunya ke unit warga setiap hari selasa dan akan kembali dijemput buku tersebut pada Senin pekan depannya, keesokan harinya, warga akan diberikan buku bacaan baru lagi. Lalu untuk buku yang sudah dijemput itu pun akan langsung melalui proses karantina untuk memastikan buku tersebut aman dan terbebas dari potensi penyebar COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.