Geliatkan Urban Tourism di Jakarta Barat, Kawasan Glodok dan Kota Tua Terus Ditata.jpg

Berita Kawasan

Geliatkan Urban Tourism, Kawasan Glodok dan Kota Tua Terus Ditata

Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan bahwa jika kondisi pandemi COVID-19 yang semakin terkendali dan terus melandai maka pemprov menargetkan sekitar tiga juta wisatawan domestik ditargetkan mengunjungi Ibu Kota per tahun melalui program urban tourism atau wisata perkotaan. Di mana setiap wilayah di DKI Jakarta telah memiliki lokasi yang akan difokuskan untuk pengembangan program ini. Hal ini bisa terlihat di Jakarta Barat dengan pemerintah kotanya (pemkot) yang saat ini terus berupaya mengembangkan serta menata kawasan Glodok dan Kota Tua Jakarta.

Terkait urban tourism di Jakarta Barat, sebenarnya tak hanya kawasan Kota Tua Jakarta dan Pecinan Glodok alias Petak Sembilan saja. Apalagi program ini ditujukan memang untuk menggeliatkan perekonomia di DKI Jakarta melalui sektor pariwisata. “Untuk wilayah Jakarta Barat, konsep pariwisata perkotaan terdapat di kawasan Kota Tua, Pecinan, Rawa Belong, Museum Macan dan kawasan hutan kota Srengseng,” tutur Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, sebagaimana dikutip dari Barat.Jakarta.go.id (26/9/2021).

Geliatkan Urban Tourism di Jakarta Barat, Kawasan Glodok dan Kota Tua Terus Ditata .jpg

Namun demi memfokuskan diri terhadap konsep tourist-historic serta creative city maka Pemkot Jakarta Barat memilih penataan serta pengembangan kawasan Kota Tua Jakarta dan Pecinan Glodok. Penataan ini bisa terlihat dari upaya memudahkan akses ke lokasi urban tourism ini melalui pembangunan jalur MRT fase dua yang menghubungkan Bundaran HI dengan Kota Tua Jakarta.

[Baca Juga: Dijadikan Kawasan Rendah Emisi, Pemprov DKI Alihkan Lalu Lintas di Area Kota Tua]

Dari sisi tujuan utama menggeliatkan program urban tourism ini, Wali Kota Jakarta Barat tentu saja menginginkan dengan kehadiran wisatawan maka pengusaha hotel, restoran atau kuliner, hingga transportasi dapat turut merasakan dampak positifnya. Dari sisi targetnya sendiri, Pemprov DKI Jakarta menginginkan minimal 10 persen wisatawan domestik dari total lebih dari 30 juta bisa berkunjung ke lokasi urban tourism.

Namun selain target wisatawan domestik yang berasal dari luar Ibu Kota, Uus Kuswanto juga memandang dengan penataan kawasan Kota Tua Jakarta dan Pecinan Glodok maka bisa turut mendorong warga dari dan sekitar DKI Jakarta turut berwisata di sini. “Selain itu juga memotivasi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek untuk berkunjung dan menikmati spot-spot foto yang instagramable untuk melihat wajah kota Jakarta yang baru, asri, dan nyaman untuk dikunjungi,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berk elanjutan di Indonesia.jpg

Bisnis

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berkelanjutan di Indonesia

17 May 2022, 21:03

Dengan berpegang teguh terhadap penerapan ESG di dalam bisnisnya, East Ventures memastikan komitmen pendanaan yang bersifat inklusif serta berkelanjutan di Tanah Air.

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fes t.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fest

17 May 2022, 19:08

Semua musisi yang siap mengisi acara Jelajahin Livin Sanur Fest, khususnya Slank dan Kotak, mengungkapkan akan memberikan penampilan spesial.

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Se ni Ancol.jpg

Hobi dan Hiburan

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Seni Ancol

17 May 2022, 15:36

Puluhan seniman memamerkan hasil karya mereka di pameran menggambar untuk acara Bulan Menggambar Nasional yang digelar sampai 5 Juni 2022 di Pasar Seni Ancol.

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Gam es 2021.jpg

Berita Kawasan

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Games 2021

17 May 2022, 10:35

Warga Kota Hujan patut bangga dengan keberhasilan atlet asal Kota Bogor yang berhasil menyumbangkan peralihan medali emas serta perak bagi Merah Putih.


Comments


Please Login to leave a comment.