Gelorakan Minat Baca Pelajar, Pemkot Jakarta Utara Gelar Wisata Literasi On The Spot.jpg

Pendidikan

Gelorakan Minat Baca, Pemkot Jakarta Utara Gelar Wisata Literasi On The Spot

Meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya generasi muda di Ibu Kota merupakan salah satu agenda penting bagi DKI Jakarta. Hal ini semakin penting usai UNESCO menetapkan Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia. Oleh karena itulah pemerintah kota (pemkot) di seluruh wilayah Ibu Kota terus menggenjot upaya untuk menggelorakan minat baca ini. Metode yang digunakan Pemkot Jakarta Utara adalah memanfaatkan Pojok Baca Digital (POCADI) untuk wisata literasi bagi para pelajar di wilayahnya.

POCADI yang berlokasi di lobi Kantor Wali Kota Jakarta Utara diresmikan pada akhir Oktober 2021 dan disebut sebagai fasiilitas untuk menumbuhkan budaya membaca di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di sini serta para tamu yang datang. Keberadaan POCADI ini pun direspons oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan positif.

Gelorakan Minat Baca Pelajar, Pemkot Jakarta Utara Gelar Wisata Literasi On  The Spot.jpg

Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Sudin Perpusip) juga memanfaatkan fasilitas ini untuk menggelorakan minat baca di kalangan para pelajar di wilayahnya. Di mana ini direalisasikan melalui wisata literasi on the spot ke POCADI yang menggandeng anak PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Pelaksanaannya sendiri diadakan setiap hari Rabu dengan membagi sesi Rabu ganjil dan genap. Sekadar informasi, sebelum ini, wisata literasi sebenarnya sudah digelar di Jakarta Utara di masa pandemi COVID-19 tapi dengan fokus metode daring.

[Baca Juga: Resmikan Rumah Literasi Jakarta, Ini Harapan Wagub Ariza]

“Menghidupkan POCADi ini bisa melalui on the spot, meningkatkan kesadaran literasi bagi peserta, dan menularkan semangat literasi kepada yang lain. Anak usia dini adalah calon-calon pemimpin bangsa sehingga mereka harus mengenal dan memahami literasi yang sebenarnya,” ungkap Kepala Sudin Perpusip Jakarta Utara Ahmad Yani, sebagaimana dikutip dari Utara.Jakarta.go.id (1/12/2021).

Dari sisi kegiatannya sendiri, wisata literasi on the spot digelar secara hybrid dengan ada peserta yang langsung hadir ke POCADI dan ada juga yang bergabung secara daring. Di sini para pelajar akan diberikan edukasi mengenai cara memanfaatkan POCADI serta menerima materi tambahan. Materi yang dipaparkan pun masih menjadi bagian dari literasi, seperti membaca, menulis, dan berhitung bahkan untuk pelajar Paud-SD ada juga materi mendongeng cerita. Sedangkan untuk pelajar SMP-SMA, materi yang diberikan adalah terkait literasi infromasi positif guna pengembangan diri.


Read More

Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Kantor Pemerintah

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.