Gemar Konsumsi Telur Menta Pakar UGM Peringatkan Bahayanya.jpg

Kesehatan

Gemar Konsumsi Telur Mentah? Pakar UGM Peringatkan Bahayanya

Tak sedikit orang yang gemar berolahraga, khususnya yang ingin membangun otot layaknya binaraga, mengonsumi telur mentah yang dicampur dengan minuman mereka atau bahkan langsung memasukkannya ke gelas dan menenggaknya. Selain itu ada juga yang meminumnya untuk alasan kesehatan ketika memesannya di tukang jamu tradisional yang dicampur dengan ramuan tradisional. Menurut Pakar Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr.Toto Sudargo, SKM., M.Kes., ini seharusnya tidak boleh dilakukan.

Salah satu pandangan yang ada di tengah masyarakat terkait konsumsi telur mentah adalah karena proses memasak disinyalir dapat merusak kandungan vitamin serta protein yang terkandung di dalamnya. Apalagi tren mengonsumsi telur mentah ini memang ramai di Barat dilakukan oleh para binaraga dan pegiat olahraga yang ingin memaksimalkan massa ototnya bahkan diklaim dapat membantu stamina lebih segar. Menurut Toto, pemahaman mengenai hal ini keliru.

Gemar Konsumsi Telur Mentah Pakar UGM Peringatkan Bahayanya.jpg

Terdapat beberapa hal yang membantah kepercayaan masyarakat terkait manfaat dari konsumsi telur mentah. Pertama menurut Toto, bisa dilihat dari riset yang dipublikasikan di International Journal of Food Sciencer and Nutrition di tahun 2004. Di mana dipaparkan bahwa saat Anda mengonsumsi telur yang matang, protein yang diserap tubuh mencapai angka 90 persen. Sedangkan dalam keadaan mentah, hanya 50 persen saja!

Kedua penyebab telur harus dimasak terlebih dahulu berdasarkan keterangan Toto adalah adanya zat protein avidin yang terkandung di putih telur. Di mana zat ini dapat mengikat biotin di tubuh Anda padahal ini merupakan vitamin B7 yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme serta mencerna gila di dalam darah. Alasan ketiga, tentu saja bahaya dari konsumsi telur mentah adalah ancaman salmonella, mengingat bakteri ini diketahui mampu menembus cangkang telur dan bersarang di bagian putih telur.

[Baca Juga: Telur Asin Bu Wanti, Puaskan Penyuka Telur Bebek]

“Infeksi Salmonella bisa memicu kejang, mual, muntah, diare, bahkan kematian. Jadi sebenarnya banyak efek buruknya daripada manfaat yang didapat dari konsumsi telur mentah,” ujar Dosen UGM itu, sebagaimana dikutip dari UGM.ac.id (18/4/2022).

Toto tak memungkiri bahwa telur mentah memang kaya akan gizi seperti vitamin A serta D, protein, lemak, omega 3 serta 6, fosfor, dan masih banyak lagi yang dapat rusak dalam proses pengolahan. Namun sebenarnya kandungan ini tetap bisa terjaga jika Anda memasaknya dengan cara tepat guna memastikan telur memang matang sebelum dikonsumsi dan ini dilakukan dengan merebus atau menggoreng telur di suhu yang stabil dan tidak terlalu lama.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.