Genap 100 Positif, Masker dan Protokol Kesehatan Makin Ditegaskan di Kota Solo

Kesehatan

Genap 100 Positif, Masker dan Protokol Kesehatan Makin Tegas di Kota Solo

Pada Rabu 15 Juli 2020, pasien positif COVID-19 di Kota Solo kembali bertambah 29 orang dengan munculnya klaster penularan baru. Sebelumnya, penyebaran virus corona di ini sudah kelam akibat penambahan 18 pasien positif dalam sehari.

Penegasan tentang penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan ditekankan Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam apel penyemprotan disinfektan yang diikuti berbagai instansi di beberapa lokasi publik pada Selasa (14/7/2020). Dalam acara yang digelar di halaman Balai Kota Solo ini Kapolresta Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K, MH bertindak selaku pembina upacara.

[Baca Juga: Cegah Penularan COVID 19 pada Anak, Pelajar di Solo Dilarang Ke Mal]

Dalam pengarahannya, Kapolres mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan kali ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 supaya tidak meluas. “Pelaksanaan kegiatan ini tidak tahu sampai kapan karena belum ditemukannya obat atau vaksin yang tepat. Yang terpenting bagaimana kita bisa melakukan tindakan preventif dengan penyemprotan di beberapa tempat publik dan akan dibagi sesuai per wilayah yang telah dibagi,” terang Andy seperti diberitakan surakarta.go.id (16/7/2020).

Wali Kota Surakarta pada kesempatan persiapan pelepasan armada penyemprotan, menegaskan wajib hukumnya masyarakat Kota Surakarta untuk taat pada protokol kesehatan salah satunya dengan memakai masker terutama di lokasi publik.

Genap 100 Positif, Masker dan Protokol Kesehatan Makin Ditegaskan di Kota Solo

“Masyarakat wajib hukumnya untuk waspada dan kita bersama Pemerintah bersama Gugus Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 nanti tegas, jangan dianggap kami galak, arogan atau otoriter. Sudah kita sampaikan berkali – kali bahwa tempat – tempat yang bisa menghadirkan masyarakat banyak, mall, pasar maupun tempat bermain anak salah satunya Pasar Manahan. Begitu berkerumun kita akan tertibkan kita tutup dan kita lakukan swab,” jelas Rudy.

“Tempat lainnya seperti Mojosongo yang banyak terpapar dan tempat lain kalau perlu kita tutup. Ini semua demi masyarakat karena kita sayang,” Rudi menambahkan.

Sementara lokasi penyemprotan di antaranya Pasar Harjodaksino dan sekitarnya, daerah belakang kampus UNS, sekitar Pasar Manahan, Gilingan dan daerah Kadipira.

Tenaga Kesehatan Terinfeksi

Pemicu kembali diadakannya penyemprotan desinfektan massal oleh Gugus Tugas Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 Surakarta lantaran sejumlah 25 tenaga kesehatan (dokter) terkonfirmasi positif terkena virus corona SARS-CoV-2 dan 18 di antaranya merupakan warga Kota Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, dengan penambahan tersebut, total jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Solo di angka 100 orang. Selain penambahan yang cukup mengejutkan kali ini, juga terdapat penambahan klaster baru.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Wali Kota Solo Minta Pendatang Harus Didata]

“Ada dua klaster baru, yakni klaster Penumping-Karangasem dan Pasar Harjodaksino. Dari seluruh penambahan ini kebanyakan dari klaster RSUD dr Moewardi yaitu sebanyak 13 orang. Mereka dokter residen juga,” ujarnya seperti diberitakan joglosemarnews.com (16/7/2020).

Selain itu, penambahan juga terjadi pada klaster pedagang tahu kupat. Setelah dilakukan tracing pada kontak erat pasien positif sebelumnya, diperoleh enam pasien positif lainnya. “Kemudian dari klaster anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, ada dua orang. Dan satu orang lagi dari klaster Pasar Harjodaksino,” imbuh Ning.

Sebanyak enam pasien merupakan hasil tracing dari laporan pasien anak positif COVID-19 asal Semarang, Jawa Tengah yang diketahui sempat berkunjung ke sejumlah kerabatnya di Solo.

Sementara itu, ada kasus baru muncul dari salah satu pasien yang diketahui positif pasca melakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR) secara mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...