Genap Seabad, Ini Kesan Ridwan Kamil Terhadap Gedung Sate .jpg

Berita Kawasan

Genap Seabad, Ini Kesan Ridwan Kamil Terhadap Gedung Sate

Pada tanggal 27 Juli 1920, sebuah gedung yang menjadi simbol dari Jawa Barat sekaligus penanda Kota Bandung didirikan. Tentu saja yang dimaksud adalah Gedung Sate yang berdiri di Jalan Diponegoro No.22, Kecamatan Bandung Wetan. Gedung yang mayoritasnya diselimuti cat berwarna putih dan ornamen tusuk sate pada menaranya itu baru-baru ini genap berusia 100 tahun alias satu abad. Gedung sate pun menjadi saksi sejarah perkembangan kota Paris Van Java dari era Hindia Belanda hingga saat ini. Dalam momen peringatan 100 tahun Gedung Sate pada pekan ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki kesannya sendiri ketika melihat bangunan ikonik ini.

Genap Seabad, Ini Kesan Ridwan Kamil Terhadap Gedung Sate.jpg

Menurut orang nomor satu di Jawa Barat itu, Gedung Sate memiliki nilai arsitektur yang tinggi sehingga tak heran bila masih belum ada gedung pemerintahan lainnya yang mampu menyaingi estetika dari gedung yang pada 27 Juli 2020 itu menginjak usia 100 tahun. “Ingat Jabar, ingat Gedung Sate. Ingat Bandung, ikonnya pasti Gedung Sate. Tak ada yang bisa mengalahkannya,” ujar Ridwal Kamil, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (27/7/2020).

Menariknya, gedung ikonik di Kota Bandung ini pada awalnya tak bernama Gedung Sate. Pasalnya, ketika putri dari Wali Kota Bandung saat itu Johanna Catherina Coops dan perwakilan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Patronella Roelofsen meletakkan batu pertamanya, gedung ini dinamakan Gouvernements Bedrijven (perusahaan/kantor pemerintah).

[Baca Juga: Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020]

Dalam proses konstruksinya, Gedung Sate membutuhkan 2000 pekerja untuk menyelesaikannya dan bangunan ini rampung pada tahun 1924. Tak kira-kira, dana yang dibutuhkan Pemerintah Hindia Belanda kala itu untuk menyelesaikan Gedung Sate adalah sekitar 6 juta gulden dan angka ini disimbolkan dalam jumlah sate yang ada di ornamen tusuk sate di menaranya. “Kenapa sate? Karena dulu ada 6 juta gulden biaya pembangunannya. Satu juta disimbolkan dengan satu sate,” ujar pria yang akrab disapa dengan panggilan Kang Emil itu.

Menurut Gubernur Jawa Barat, pihaknya sebenarnya sudah berencana untuk menggelar peringatan 100 tahun Gedung Sate tapi rencana tersebut terpaksa dibatalkan. Hal ini dipicu dengan pandemi COVID-19 yang membayangi Indonesia dengan wilayah Jawa Barat yang turut terdampak. Namun Pemerintah Provinsi Jawa Barat tetap memperingatinya secara internal dengan cara merawat serta terus menjaga Gedung Sate yang disebut Ridwan Kamil sebagai bangunan ikonik milik bersama masyarakat Jawa Barat.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 4 months lalu
    hanna56

    Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan