Geliatkan Ekonomi Desa di Kudus, Genta Batik Mas Ceritakan Sejarah Desa Lewat Batik

Kecantikan dan Fashion

Genta Batik Mas Ceritakan Sejarah Desa di Kudus Lewat Batik

Dasa Gentawati pemilik Batik Genta Mas mengembangkan batik cerita desa untuk menggeliatkan ekonomi desa di Kudus. Batik cerita desa oleh Dasa, biasa disapa, menceritakan sejarah wilayah di atas selembar kain. Dasa melakukan ini karena dilatarbelakangi kondisi pandemi COVID-19 membuat semua harus bisa beradaptasi dan berinovasi. Batik cerita desa yang diangkat satu di antaranya berasal dari Dukuh Kancilan Desa Terban Kecamatan Jekulo, Kudus

Dasa menjelaskan batik cerita desa itu bisa dipakai untuk memopulerkan dan menarik wisatawan berkunjung tanpa kita harus susah payah mengisahkan bagaimana sejarah desa wisata desa itu. Menurut Dasa motif batik itu sudah bisa menceritakan bagaimana sejarah desa tersebut. “Kain batik ini pesanan dari Desa Kancilan agar bagaimana caranya mereka bisa mengenalkan cerita desanya. Waktu itu saya buat dua, satunya untuk koleksi pribadi,” jelas Dasa berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh tim Redaksi PingPoint.co.id, Sabtu (27/11/2021).

Geliatkan Ekonomi Desa di Kudus, Genta Batik Mas Ceritakan Sejarah Desa Lewat Batik

Batik cerita desa Kancilan dibuat sejak awal pandemi COVID-19 pada tahun 2020 itu bertujuan untuk mengenalkan desa wisata Kancilan melalui kain batik. Batik tulis itu menggambarkan beberapa binatang khas dari sana yakni ayam alas dan kancil yang tengah bermain di bawah pohon randu. “Di wilayah itu banyak binatang kancil, makanya diberi nama Dukuh Kancilan. Dan di sana juga ada ayam alasnya,” ujar Dasa.

Demikian juga dengan motif pohon randu di batik cerita desa Kancilan. Menurut Dasa pohon jenis randu itu ternyata cukup banyak tumbuh di Dukuh Kancilan. Oleh karena itu, pohon randu bisa mewakili ciri khas desa tersebut selain binatang kancil dan ayam alas. “Batik cerita desa itu bisa menggambarkan bagaimana ciri khas desa untuk mengenalkan pada generasi muda,” dia melanjutkan.

[Baca Juga: Zie Batik Semarang, Konsisten Kembangkan Batik Warna Alam]

Apalagi saat ini, tak hanya Dukuh Kancilan yang dibuatkan batik cerita desa oleh Dasa. Rencananya ada dua desa lainnya yakni Desa Piji dan Desa Dukuhwaringin Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yang juga meminta untuk membuat batik cerita desa. Bahkan, ke depan pembuatan batik cerita kedua desa itu sudah didiskusikan guna menarik wisatawan berkunjung.

Tak hanya itu, Dasa mengungkapkan bila dirinya juga diminta beberapa desa lainnya untuk menjadi pendamping dalam mengembangkan klaster batik. Hal itu dikarenakan batik cerita desa bisa mengembangkan desa wisata sekaligus mengangkat potensi yang ada. Dasa mengungkapkan dengan demikian roda perekonomian masyarakat di desa dapat berjalan lebih baik terlebih pada saat kondisi pandemi. “Jadi tujuannya mereka di rumah bisa membuat batik dan menghasilkan sesuatu. Selain itu, juga sekaligus melestarikan batik,” Dasa menerangkan.

Geliatkan Ekonomi Desa di Kudus, Genta Batik Mas Ceritakan Sejarah Desa Lewat Batik

Sementara itu, Dasa yang sudah mengembangkan batik khas Kudusan sejak 2012 silam bertekad akan terus berupaya mengenalkan batik. Dasa berharap batik khas Kudus dapat terus dilestarikan hingga ke desa- desa agar bisa memberikan manfaat untuk warga masyarakat. “Harapannya bisa terus berkembang batik Kudus ini dan memberikan banyak manfaat,” ujarnya.

Sebagai penutup bagi Pointers yang ingin melihat langsung koleksi Batik Genta Mas bisa kunjungi Galeri Genta Mas Jalan Sosrokartono Nomor 1 Proliman Barongan Kudus. Buka setiap hari pukul 08.30- 21.00 WIB. Untuk pemesan bisa hubungi nomor 0852 9039 4909.


Read More

Batik Genta Mas

Batik cerita desa di Kudus

0852 9039 4909
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.