Balitjestro 1.jpg

Berita Kawasan

Gerakan Agrowisata Kota Batu Meneliti Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika

Keseriusan Kota Batu dalam memperkenalkan produk agrowisatanya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pergerakan petani, pekebun, dan pengorganisasian dari pemerintah terus bergerak dalam lingkungan produktif dan bersimbiosis mutualisme. Dengan terus mengembangkan produk agrowisata yang berpusat di Bumiaji dan Junrejo, pemerataan pengolahan produk agrowisata di semua wilayah di Kota Batu pun terus dijalankan.

Tidak heran, apabila berwisata di Kota Batu dan menemukan kampung-kampung pengolahan produk perkebunan di tengah perkotaan. Hal ini menjadi wujud saling silangnya pengenalan produksi dengan mata pencaharian dasar masyarakat Kota Batu. Pergerakan ini dimulai oleh para petani dan pekebun dengan dukungan organisasi pemerintah, Balitjestro.

Balitjestro 1.jpg

Pada halaman gedung Balitjestro akan ditemukan berpetak-petak pembagian ruang penelitian. Petak-petak ini dikondisikan berdasarkan asal bibit dari tanaman tersebut berasal. Misalnya, biji sawi dibudidayakan secara maksimal di Sumberbrantas dengan suhu yang lebih dingin daripada pusat kota, maka di petak itu pun akan dikondisikan sedemikian rupa sehingga biji sawi akan mengalami proses sebagaimana perawatan yang dilakukan petani Sumberbrantas. Hal yang sama juga terjadi pada buah-buahan seperti Jeruk, Apel, atau Stroberi yang berasal dari Temas. Dengan pemetaan seperti ini diharapkan dapat menjadi tonggak perkembang-biakan tumbuhan pada puncaknya.

Selain prosedur penanaman yang disesuaikan dengan kondisi terbaiknya, Balitjestro bersama para petani dan pekebun juga mengembangkan produk unggulan berdasarkan jenis tanaman yang laku di pasaran. Jeruk Keprok misalnya, buah ini laku keras di musim panas. Dengan dilakukan pemetaan kualitas rasa, penampang kulit yang terlihat segar, sampai ketahanan buah di toko-toko buah atau beragam penyortir lainnya, Balitjestro pun menemukan varian Jeruk Keprok dengan kualitas terbaik yang laku di pasaran. Hasil dari penelitian ini kemudian disalurkan kepada para petani dan pekebun di Kota Batu agar hasil produk Jeruk Keprok yang diperoleh sama rata secara kualitas dan kuantitas.

“Setiap tahun ditunggu hasil panennya. Aneka jenis buah jeruk, dapat pula menjadi ruang edukasi dan wisata. Tempatnya nyaman dan udaranya sejuk,” ungkap Enny Triharti.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.