Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa.jpg

Berita Kawasan

Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa

Jumlah sampah di pemukiman daerah setiap harinya semakin menumpuk. Berat beban lingkungan terhadap ancaman yang disebabkan dari sampah yang dibuang sendiri oleh masyarakat sekitar.

Maka dari itu, Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja mengadakan gerakan donasi sampah untuk membantu renovasi Musala Baitussolihin yang berada di Jl Cemara Blok I gang 3 RT 06/16 Kelurahan Lagoa Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Resmikan Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri]

Menurut Direktur Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja Iing Solihin mengatakan, program gerakan donasi sampah ini merupakan sebuah bentuk kepedulian memanfaatkan tentang pentingnya nilai ekonomis sampah. Dengan pola gerakan donasi sampah tersebut, diharapkan seluruh warga Jakarta Utara khususnya Lagoa bisa berpartisipasi.

"Donasi dan bantuan tidak hanya dalam bentuk uang serta material, dengan sampah juga bisa. Mudah-mudahan ini menyemangati warga," tutur Iing yang dilansir dari Utara.jakarta.go.id (8/3/2019).

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Setiap harinya para pengurus melakukan gerakan door to door guna mengumpulkan sampah organik yang memiliki nilai ekonomis dari rumah warga sekitar. Setelah mengumpulkan sampah organik ini akan diserahkan kepada pengelola bank sampah.

Hasil dari donasi dan sumbangan sukarela warga serta dari pihak bank sampah bahkan telah mampu menyumbangkan dua truk pasir serta besi pondasi.

Rencananya, gerakan donasi sampah ini juga akan terus dikembangkan di wilayah Jakarta lainnya. "Tidak sekedar beramal, gerakan ini juga bermanfaat mengurangi volume sampah untuk dibuang ke TPA. Kita akan kembangkan gerakan ini wilayah lain," ucap Iing.

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Kepala Lurah Lagoa Mochammad Mujakir mengaku, musala kini sudah tidak lagi cukup untuk menampung aktifitas warga salat berjamaah. Karenanya warga cukup antusias terhadap gerakan tersebut.

Tak hanya warga yang mendukung gerakan donasi sampah ini, petugas PPSU Kelurahan juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan gerakan donasi sampah.

Setiap harinya, PPSU mengumpulkan sampah organik dan anorganik bernilai ekonomis. Hasilnya tak main-main, seluruh donasi yang telah dihimpun sudah lebih dari Rp70 juta.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.