Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa.jpg

Berita Kawasan

Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa

Jumlah sampah di pemukiman daerah setiap harinya semakin menumpuk. Berat beban lingkungan terhadap ancaman yang disebabkan dari sampah yang dibuang sendiri oleh masyarakat sekitar.

Maka dari itu, Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja mengadakan gerakan donasi sampah untuk membantu renovasi Musala Baitussolihin yang berada di Jl Cemara Blok I gang 3 RT 06/16 Kelurahan Lagoa Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Resmikan Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri]

Menurut Direktur Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja Iing Solihin mengatakan, program gerakan donasi sampah ini merupakan sebuah bentuk kepedulian memanfaatkan tentang pentingnya nilai ekonomis sampah. Dengan pola gerakan donasi sampah tersebut, diharapkan seluruh warga Jakarta Utara khususnya Lagoa bisa berpartisipasi.

"Donasi dan bantuan tidak hanya dalam bentuk uang serta material, dengan sampah juga bisa. Mudah-mudahan ini menyemangati warga," tutur Iing yang dilansir dari Utara.jakarta.go.id (8/3/2019).

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Setiap harinya para pengurus melakukan gerakan door to door guna mengumpulkan sampah organik yang memiliki nilai ekonomis dari rumah warga sekitar. Setelah mengumpulkan sampah organik ini akan diserahkan kepada pengelola bank sampah.

Hasil dari donasi dan sumbangan sukarela warga serta dari pihak bank sampah bahkan telah mampu menyumbangkan dua truk pasir serta besi pondasi.

Rencananya, gerakan donasi sampah ini juga akan terus dikembangkan di wilayah Jakarta lainnya. "Tidak sekedar beramal, gerakan ini juga bermanfaat mengurangi volume sampah untuk dibuang ke TPA. Kita akan kembangkan gerakan ini wilayah lain," ucap Iing.

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Kepala Lurah Lagoa Mochammad Mujakir mengaku, musala kini sudah tidak lagi cukup untuk menampung aktifitas warga salat berjamaah. Karenanya warga cukup antusias terhadap gerakan tersebut.

Tak hanya warga yang mendukung gerakan donasi sampah ini, petugas PPSU Kelurahan juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan gerakan donasi sampah.

Setiap harinya, PPSU mengumpulkan sampah organik dan anorganik bernilai ekonomis. Hasilnya tak main-main, seluruh donasi yang telah dihimpun sudah lebih dari Rp70 juta.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.