Gerakan Iya Boleh.jpg

Pendidikan

Gerakan ‘Iya Boleh’ untuk Kembangkan Anak Unggul Indonesia

Pakar tumbuh kembang anak Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi mengatakan pentingnya stimulasi bermain setiap hari oleh keluarga dengan penuh kasih sayang untuk anak. Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus.

“Hal itu akan mengembangkan semua potensi-potensi anak. Sehingga kelak menjadi anak sehat, cerdas, kreatif, dan berprilaku baik,” kata Sodjatmiko dalam acara Dancow Adwanced Excelnutri+ Luncurkan Gerakan 1 Juta Iya Boleh Bagi Orang tua Indonesia di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta (7/2/2019).

Dancow Luncurkan Gerakan Iya Boleh

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah membangun Generasi Emas 2045 yakni Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan percaya diri, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’.

Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ ini dimaksudkan untuk mengajak lebih banyak orangtua Indonesia semakin sering mengatakn ‘Iya Boleh’ sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi anak.

[Baca Juga: Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan]

Soedjatmiko juga menganjurkan dalam merangsang stimulasi anak bisa dilakukan dengan berbagai jenis permainan. Hal ini juga sekaligus mengenalkan anak terhadap pengetahuan dan lain-lain.

Selain stimulasi dan kasih sayang, untuk mewujudkan Anak Unggul Indonesia juga diperlukan gizi seimbang seperti pemenuhan nutrisi. Soedjatmiko memaparkan, nutrisi disertai imunisasi teratur dan lengkap bertujuan melindungi fisik sehingga anak tidak mudah sakit.

“Nutrisi dan imunisasi bagaikan dua mata uang. Stimulasi mengajak anak bermain. Setiap prestasi sekecil apapun harus diberikan apresiasi, berikan perlindungan terhadap kekerasan, tidak boleh dimarahi, dicubit, dan disalahkan,” kata Soedjatmiko.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

Dengan menerapkan gizi seimbang, kasih sayang, dan stimulasi maka Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter dapat terwujud.

Hal ini juga dapat didukung dengan lima karakter penting yang perlu dikembangakan orangtua kepada anak sejak usia dini yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli, pemimpin.

  1. Berani. Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk anak berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem solving, decision making, dan keterampilan sosial.
  2. Cerdas. Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif anak dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
  3. Kreatif. Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajenasi dan kreativitas anak dapat berkembang dengan baik.
  4. Peduli. Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, anak belajar berinteraksi, berbagai, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.
  5. Pemimpin. Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk anak memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan anak untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

Dancow Luncurkan Gerakan Iya Boleh

Sementara itu, Brand Manager Dancow Advenced Excelnutri+ Alvin Wiradarma mengatakan, adanya gerakan ini diharapkan dapat mendukung karakter anak Indonesia memiliki karakter berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin.

“Harapannya kita bisa mendukung anak Indonesia memiliki lima karakter itu. Ingin mengjangkau Iya Boleh ke ibu dan ayah lebih besar karena setiap harinya ada ibu baru,” tutur Alvin.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.