ads
Gerakan Iya Boleh.jpg

Pendidikan

Gerakan ‘Iya Boleh’ untuk Kembangkan Anak Unggul Indonesia

Pakar tumbuh kembang anak Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi mengatakan pentingnya stimulasi bermain setiap hari oleh keluarga dengan penuh kasih sayang untuk anak. Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus.

“Hal itu akan mengembangkan semua potensi-potensi anak. Sehingga kelak menjadi anak sehat, cerdas, kreatif, dan berprilaku baik,” kata Sodjatmiko dalam acara Dancow Adwanced Excelnutri+ Luncurkan Gerakan 1 Juta Iya Boleh Bagi Orang tua Indonesia di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta (7/2/2019).

Dancow Luncurkan Gerakan Iya Boleh

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah membangun Generasi Emas 2045 yakni Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan percaya diri, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’.

Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ ini dimaksudkan untuk mengajak lebih banyak orangtua Indonesia semakin sering mengatakn ‘Iya Boleh’ sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi anak.

[Baca Juga: Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan]

Soedjatmiko juga menganjurkan dalam merangsang stimulasi anak bisa dilakukan dengan berbagai jenis permainan. Hal ini juga sekaligus mengenalkan anak terhadap pengetahuan dan lain-lain.

Selain stimulasi dan kasih sayang, untuk mewujudkan Anak Unggul Indonesia juga diperlukan gizi seimbang seperti pemenuhan nutrisi. Soedjatmiko memaparkan, nutrisi disertai imunisasi teratur dan lengkap bertujuan melindungi fisik sehingga anak tidak mudah sakit.

“Nutrisi dan imunisasi bagaikan dua mata uang. Stimulasi mengajak anak bermain. Setiap prestasi sekecil apapun harus diberikan apresiasi, berikan perlindungan terhadap kekerasan, tidak boleh dimarahi, dicubit, dan disalahkan,” kata Soedjatmiko.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

Dengan menerapkan gizi seimbang, kasih sayang, dan stimulasi maka Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter dapat terwujud.

Hal ini juga dapat didukung dengan lima karakter penting yang perlu dikembangakan orangtua kepada anak sejak usia dini yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli, pemimpin.

  1. Berani. Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk anak berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem solving, decision making, dan keterampilan sosial.
  2. Cerdas. Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif anak dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
  3. Kreatif. Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajenasi dan kreativitas anak dapat berkembang dengan baik.
  4. Peduli. Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, anak belajar berinteraksi, berbagai, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.
  5. Pemimpin. Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk anak memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan anak untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

Dancow Luncurkan Gerakan Iya Boleh

Sementara itu, Brand Manager Dancow Advenced Excelnutri+ Alvin Wiradarma mengatakan, adanya gerakan ini diharapkan dapat mendukung karakter anak Indonesia memiliki karakter berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin.

“Harapannya kita bisa mendukung anak Indonesia memiliki lima karakter itu. Ingin mengjangkau Iya Boleh ke ibu dan ayah lebih besar karena setiap harinya ada ibu baru,” tutur Alvin.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  4 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads