Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, DPMP3AKB Lakukan Binaan GSI

Kesehatan

Gerakan Sayang Ibu di Tangsel Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Pada 11 Juli 2019 di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI), karena hamil, bersalin, nifas, dan bayi. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel melakukan pembinaan gerakan sayang ibu (GSI).

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, DPMP3AKB Lakukan Binaan GSI

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (12/07/2019). Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada DP3AKKB Provinsi Banten Evi Sofia, menjelaskan sosialisasi GSI sendiri merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis.

[Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi]

Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak. Akan tetapi, kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan dan organisasi profesi. ”Saya berharap Kita harus konsisten dan aktif dalam sosialisasi GSI ini agar ibu hamil rajin periksa ke posyandu sehingga ibu sehat, bayi pun sehat dan angka kematian ibu dan bayi menjadi berkurang” ucapnya.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Lembaga Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel, Mercy Apriyanti, sosialisasi ini dilakukan untuk membantu penurunan angka kematian ibu dan bayi. “Sosialisasi ini diikuti oleh ibu-ibu perwakilan semua kelurahan yang ada di Pondok Aren, Kepala Puskesmas se-Pondok Aren, dan ibu-ibu PKK,” ungkapnya.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]

Dalam kegiatan ini dibahas apa saja yang perlu dilakukan oleh masyarakat untuk membantu dan mencegah adanya kematian ibu dan bayi. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini di Tangsel tidak ada angka kematian ibu dan kematian bayi,” singkatnya.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  3 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.