Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, DPMP3AKB Lakukan Binaan GSI

Kesehatan

Gerakan Sayang Ibu di Tangsel Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Pada 11 Juli 2019 di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI), karena hamil, bersalin, nifas, dan bayi. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel melakukan pembinaan gerakan sayang ibu (GSI).

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, DPMP3AKB Lakukan Binaan GSI

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (12/07/2019). Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada DP3AKKB Provinsi Banten Evi Sofia, menjelaskan sosialisasi GSI sendiri merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis.

[Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi]

Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak. Akan tetapi, kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan dan organisasi profesi. ”Saya berharap Kita harus konsisten dan aktif dalam sosialisasi GSI ini agar ibu hamil rajin periksa ke posyandu sehingga ibu sehat, bayi pun sehat dan angka kematian ibu dan bayi menjadi berkurang” ucapnya.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Lembaga Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel, Mercy Apriyanti, sosialisasi ini dilakukan untuk membantu penurunan angka kematian ibu dan bayi. “Sosialisasi ini diikuti oleh ibu-ibu perwakilan semua kelurahan yang ada di Pondok Aren, Kepala Puskesmas se-Pondok Aren, dan ibu-ibu PKK,” ungkapnya.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]

Dalam kegiatan ini dibahas apa saja yang perlu dilakukan oleh masyarakat untuk membantu dan mencegah adanya kematian ibu dan bayi. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini di Tangsel tidak ada angka kematian ibu dan kematian bayi,” singkatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.