Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Kumpulkan 47.013 kg Sampah Plastik.jpg

Bisnis

Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Kumpulkan Sampah Sebanyak 47.013 kg

Usai tiga bulan gerakan Semangat Kurangi Plastik dilaksanakan, Astra bersama perusahaan-perusahaan Grup Astra, yayasan-yayasan Grup Astra, dan masyarakat hingga per akhir Mei 2020 lalu berhasil mengumpulkan 47.013 kg sampah plastik. Gerakan ini merupakan wujud kepedualian Astra terhadap lingkungan dan sekaligus sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di aspek lingkungan.

Sebanyak 47.013 kg tersebut dikumpulkan dari 4.930 karyawan dan masyarakat melalui gerakan Semangat Kurangi Sampah Plastik. Sebanyak 42.758 kg dari sampah plastik yang terkumpul tersebut telah dikelola oleh 45 perusahaan-perusahaan Grup Astra dan tiga yayasan Astra.

[Baca Juga: Masker dan Hand Sanitizer, Sampah Plastik "Baru" Pandemi Covid-19]

“Tanpa disadari tumpukan sampah plastik memiliki dampak buruk bagi alam dan lingkungan. Astra mengajak seluruh anak perusahaan dan masyarakat luas untuk dapat melestarikan lingkungan melalui gerakan Semangat Kurangi Plastik. Kami tidak dapat sendiri mewujudkan hal itu, tetapi harus bersama-sama dengan masyarakat,” kata Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id (30/6/20).

Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-63 Astra pada Februari 2020 silam merupakan sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Kumpulkan 47.013 kg Sampah Plastik-SD.jpg

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran karyawan Astra dan masyarakat luas akan bahaya sampah plastik. Sekaligus mengedukasi tentang cara pengolahan sampah plastik yang efektif serta mengajak Grup Astra dan para yayasan Astra untuk mengurangi limbah plastik yang dihasilkan serta mendorong siklus ekonomis.

Berbagai aktivitas telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Grup Astra dan yayasan Astra, di antaranya penyediaan Kotak Semangat Astra, penggantian pengurangan material plastik untuk kemasan produk, larangan penggunaan air minum dalam kemasan plastik pada saat meeting, sosialisasi ke pihak penyedia jasa konsumsi untuk penggunaan plastik sekali pakai dalam penyajian makanan, dan pemilahan sampah dan aksi bersih-bersih di kawasan kantor.

[Baca Juga: ‘Sampah’ COVID-19 Bisa Saingi Sampah Plastik di Lautan]

Selain itu, juga ada pembatasan penggunaan plastik sekali pakai di area kantin, pemanfaatan pallet plastik nitrogen, phosphor dan kalium (NPK) untuk polibag tanaman serta mengajak karyawan membuat kerajinan tangan saat berada di rumah untuk lebih produktif.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

Hobi dan Hiburan

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

09 August 2020, 19:00

Penasaran apa saja film komedi Indonesia yang bisa memeriahkan Agustusan Anda? Yuk simak daftarnya yang telah disusun PingPoint.co.id.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 month, 1 week lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..