kurangi-plastik-3.jpg

Berita Kawasan

Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Terbukti Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

Astra melalui gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik dari Februari hingga akhir Juni 2020 berhasil mengelola 43,18 ton sampah plastik melalui 30 bank sampah di 16 provinsi di Indonesia. Selain mengurangi sampah plastik sekali pakai, ternyata gerakan tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar melalui program bank sampah.

“Kegiatan pengurangan sampah plastik harus dilakukan secara komprehensif demi mendorong masyarakat luas agar turut berkontribusi. Gerakan tersebut merupakan langkah nyata Astra untuk peduli terhadap lingkungan dan sekaligus sejalan dengan kontribusi sosial Astra di bidang lingkungan,” ungkap Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dalam keterangan persnya (21/7/20).

Program pembinaan bank sampah di antaranya diterapkan di wilayah Kampung Berseri Astra (KBA) untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitarnya melalui hasil sampah yang telah ‘ditabung’. Salah satu daerah yang masyarakatnya mengalami peningkatan pendapatan dari mengelola sampah adalah KBA Telagamurni, Kabupaten Bekasi. Setiap bulannya, KBA Telagamurni tersebut mampu menghasilkan sekitar Rp 13.000.000,- dari hasil tabungan sampah plastik yang telah diolah melalui bank sampah.

Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Terbukti Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

Bank sampah tersebut juga memberikan manfaat untuk membantu para warga dalam pembiayaan pendidikan anak usia dini (PAUD). Layaknya program tabungan yang memudahkan para warga, hasil dari sampah yang telah dikumpulkan dapat dikonversikan menjadi nilai yang dapat digunakan untuk membiayai program PAUD.

“Kami menginisiasi beberapa program untuk mengedukasi masyarakat sekitar terhadap pentingnya mengelola sampah plastik. Selain mendorong kegiatan Semangat Kurangi Plastik, adanya program tabungan bank sampah untuk PAUD diharapkan dapat membantu dalam mencerdaskan anak bangsa,” papar staf Corporate Social Responsibility PT Yutaka Manufacturing Indonesia (Grup Astra) Selvi Damayanti.

Sejalan dengan semangat mengurangi sampah plastik, Mahariah, tokoh penggerak KBA Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, turut membina bank sampah yang berada di KBA Pulau Pramuka, sehingga membuat warga sekitar mampu menghasilkan sekitar Rp 1.300.000,- berdasarkan data Maret 2020 dari mengelola sampah.

“KBA Pulau Pramuka, menjadi tempat saya untuk memperjuangkan kehidupan baru bagi warga sekitar. Demi melestarikan lingkungan, banyak upaya yang dilakukan untuk mendorong para warga, salah satunya dengan cara mengelola sampah plastik untuk menjadi kebutuhan sehari-hari,” ujar Mahariah.

[Baca Juga: Gerakan Semangat Kurangi Plastik Astra Kumpulkan Sampah Sebanyak 47.013 kg]

Tidak hanya belajar cara mengelola sampah plastik, warga KBA Pulau Pramuka juga belajar untuk memilah cara membuang sampah plastik ke dalam Kotak Semangat Astra yang telah tersedia. Kotak Semangat Astra disediakan di KBA Pulau Pramuka guna memudahkan penduduk dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang.

Sejalan dengan Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan oleh Astra bertepatan pada ulang tahunnya ke-63 di bulan Februari 2020 silam, Astra mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka dan Telagamurni.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    QQHarian Merupakan Situs Slot Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di Dukung Berbagai Provider Ternama Di Dunia Serta Menyediakan PROMO yang Wow yg belum pernah anda jumpai di manapun. Dan Tenang MENANG BERAPAPUN atau Mendapat JACKPOT BESAR langsung di proses dalam waktu maks. 2 menit. Info Lebih lanjut bisa Hub. CS kami dengan <a href="https://qqharian.org/" title="Link QQ Slot Terbaru" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88