Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

Berita Kawasan

Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

Swadaya masyarakat bersama Gereja Katolik Kudus Rawamangun melakukan aksi tanam pohon penyerap polutan di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur pada Sabtu 12 Oktober 2019. Atas aksi ini, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengapresiasi swadaya masyarakat yang telah turun ke jalan memerhatikan lingkungan.

Kegiatan ini dilakukan karena Rawamangun tercatat sebagai kawasan dengan polusi tinggi di Jakarta Timur. Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Sofyan Thaher mengatakan, aksi ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Ibu Kota lain dalam hal peduli lingkungan.

Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

Sofyan menyebutkan, aksi menanam pohon ini menghasilkan kurang lebih 200 pohon bougenvil dan enam tabebuya, yang memiliki manfaat untuk menyerap polutan. "Kita berharap gereja-gereja lain bisa mengikuti dan melakukan kegiatan seperti ini. Selain menanam pohon, ada kegiatan lain juga yaitu, uji emisi. Namun kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup lebih kurang ada 200 kendaraan yang diuji," kata Sofyan.

Sementara itu, Pastur Kepala Gereja Katolik Kudus Rawamangun Romo Yulius Adianto mengatakan, aksi penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab jemaat gereja dalam mengurangi polusi di DKI Jakarta.

[Baca Juga: 70 Tahun Kerja Sama Indonesia-Inggris Ditandai Tanam Pohon]

Dilansir dari timur.jakarta.go.id (15/10/2019) dalam aksi ini, Gereja Katolik Kudus Rawamangun mengangkat tema perayaan Pesta Emas yang berarti, keharusan setiap umat untuk terlibat dalam permasalahan masyarakat, salah satunya dalam hal menjaga lingkungan hidup. "Ini adalah perwujudan dari tema kami, agar kami bisa berperan serta dalam perjuangan menjaga kebersihan lingkungan Jakarta," ujar Yulius.

Yulius melanjutkan, kondisi Jakarta yang semakin berpolusi semakin bisa dirasakan, mulai dari asap kendaraan atau yang lainnya. Sehingga keadaan lingkungan Jakarta yang memburuk termasuk dalam tanggung jawab semua orang. Harapannya, dengan meningkatknya kebersihan lingkungan hidup dapat menurunkan tingkat polusi udara di ibu kota.

[Baca Juga: Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter]

Salah satu warga yang mengikuti aksi penanaman pohon Yos Romi, mengaku senang bisa terlibat. Aksi ini membuatnya tenang dan senang karena lingkungan menjadi nyaman dan bersih. Menurutnya, kini polusi Jakarta memiliki efek luar biasa. Kadang membuatnya mudah sesak nafas. Selain itu, untuk dapat melihat langit biru saja merupakan keinginan yang sulit karena langit Jakarta dipenuhi polusi sehingga warnanya abu-abu. Ia berharap, dari aksi penanaman pohon ini polusi bisa terserap sehingga udara perlahan lebih segar untuk dihirup.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.