Gerhana Bulan Penumbra Muncul pada 11 Januari di Indonesia

Berita Kawasan

Gerhana Bulan Penumbra Akan Muncul di 11 Januari di Indonesia

Tahun 2020 diawali dengan berbagai macam fenomena alam, mulai dari musibah banjir, kebakaran, longsor, dan lain-lainnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pada 11 Januari mendatang Indonesia akan menikmati fenomena Gerhana Bulan Sebagian atau Gerhana Bulan Penumbra. Fenomena ini diduga akan terjadi pada dini hari sekitar pukul 00:00 WIB, sedangkan puncak gerhana akan terjadi mulai pukul 02.00-04.00 WIB.

Gerhana Bulan Penumbra Akan Muncul di 11 Januari di Indonesia

Untuk diketahui gerhana bulan penumbra merupakan peristiwa di mana bulan masuk ke wilayah penumbra bumi. Penumbra sendiri adalah bayangan kabur ketika terjadinya gerhana. Cahaya akan berubah jadi kemerahan karena hanya cahaya yang bergerak ke permukaan bulan yang disaring oleh atmosfer. Namun uniknya, fenomena ini dikenal bagus untuk memancarkan pantulan cahaya biru dibandingkan merah. Proses ini bisa terjadi karena dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan. Dari data yang dipaparkan oleh BKMG, Anda bisa menyaksikan fenomena ini selama 4 jam 8 menit.

[Baca Juga: Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan di Planetarium Jakarta]

Melansir dari cnnindonesia.com (10/1/2019), Ahli Falakiyah Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh Alfirdaus Putra menyebutkan, pihaknya sudah menerima kontak gerhana untuk wilayah Banda Aceh. Alfirdaus mengatakan, gerhana bulan kali ini akan berbeda dengan gerhana bulan total, karena gerhana akan terlihat sebagian. Fenomena ini biasanya terjadi hingga 2-5 kali dalam setahun.

Sedangkan menurut BMKG, tahun ini Indonesia mampu menikmati gerhana bulan penumbra sebanyak empat kali. Akan tetapi, BMKG menambahkan gerhana bulan penumbra kali ini akan lebih sulit terlihat karena bayangan utama bumi tidak mengenai permukaan bulan, sehingga bulan akan jadi lebih redup.

[Baca Juga: Planetarium Sediakan Kacamata Khusus Gerhana Matahari Parsial]

Kepala Sub Bagian Umum dan Humas Kanwil Kemenag Aceh Safrizal, mengajak masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana bulan penumbra bisa bergabung bersama tim Kemenag Aceh. Safrizal menyebutkan, tak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati fenomena alam ini, khususnya wilayah bagian Timur Indonesia. Hal tersebut disebabkan, bulan sudah kepalang terbenam ketika gerhana penumbra terjadi.

Namun fenomena ini justru akan mempengaruhi pasangnya air laut, hal tersebut ditegaskan pula oleh Ketua LAPAN Thomas Djamaludin seperti dikutip dari katadata.co.id. Menurutnya, air laut akan pasang maksimum atau mencapai ketinggian maksimal.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.