bahan pokok solo raya 1.jpg

Bisnis

Gibran: Tidak Perlu Panik, Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran di Solo Aman

Menjelang Hari Raya Idulfitri, situasi pasar tradisional biasanya makin ramai dan permintaan pun makin tinggi. Hal ini membuat warga khawatir harga akan melambung atau pun tidak kebagian stok. Menghadapi ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pesan kepada masyarakat Kota Surakarta agar warga tidak gaduh dan panik.

Melalui video yang diunggah di akun Instagram resmi Pemkot Sol, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan, "Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, keadaan bahan pokok penting atau bapokting di Kota Surakarta dan sekitarnya dalam kondisi stok yang aman dan cukup.”

Jelang Lebaran Stok dan Harga Bahan Pokok di Solo Masih Aman.jpg

Dia mengingatkan agar masyarakat Surakarta membeli barang kebutuhan pokok secukupnya saja sesuai kebutuhan, serta tidak panik untuk memborong dan menumpuk stok di rumah. Para pedagang juga diimbau untuk tidak perlu menimbun barang atau pun menaikkan harga barang. Selain itu, Gibran mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas online, "Masyarakat juga bisa membeli kebutuhan pokok melalui layanan online, misalnya melalui Tumbas Sembako."

Sementara itu, Gibran melalui unggahan Instagram resmi miliknya (8/4/2021) terlihat baru saja melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di beberapa pasar tradisional Solo, yakni Pasar Legi, Pasar Nusukan, dan Pasar Gedhe.

[Baca Juga: Harga Bahan Pokok Di Kota Malang Stabil Menjelang Idulfitri]

“Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) beserta Pak @teguhprakosaa, Pak Sekda Ahyani juga OPD terkait, Kapolresta Surakarta dan Dandim 0735 Surakarta, saya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Nusukan, Pasar Legi dan Pasar Gedhe untuk memantau ketersediaan hingga harga bahan pangan,” tulisnya.

Pantauan harga dan ketersediaan bahan pangan kali ini fokus pada telur ayam, minyak goreng, daging ayam, daging sapi, bawang merah, dan bawang putih. Keadaan di lapangan menunjukkan supply dan ketersediaan komoditas pangan strategis masih terbilang stabil. Demikan pula dengan harganya, tidak ditemukan kenaikan harga yang signifikan. Kalaupun naik, masih dalam batas wajar, yaitu kisaran Rp1.000 hingga Rp3.000 per kilogram. Sehingga, masih terjangkau daya beli masyarakat umum.

Beberapa pedagang juga menuturkan bahwa tidak ada kekhawatiran akan ketersediaan dan pasokan kebutuhan pokok pada masa lebaran tahun ini. Ini berarti, kondisi masih aman, stabil, dan terkendali. “Insya Allah di akhir pekan nanti akan ada operasi pasar/pasar murah agar dapat dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan,” tulisnya.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.