Go Jakfarm Jakarta Barat Menggiatkan Menanam Tanaman Pangan

Berita Kawasan

Go Jakfarm Jakarta Barat Menggiatkan Menanam Tanaman Pangan

Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menggalakkan kegiatan menanam tanaman pangan. Melalui Program Go Jakfarm, Dinas KPKP kembali beraksi menanam di Jalan Kampung Salo, RT 08/07, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat (6/3/2020).

Melansir beritajakarta.id (6/3/2020), durian, mangga, jambu dan cabai menjadi tanaman pilihan untuk ditanam kali ini. “Hari ini ada lima tanaman produktif seperti, durian, mangga, jambu, dan 100 bibit cabai hijau yang kami tanam,” ujar Kepala Dinas KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto.

Program ini merupakan implementasi instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2018 tentang pelaksanaan pertanian perkotaaan dan instruksi Kepala Dinas KPKP Nomor 13 Tahun 2020 tentang Go Jakfarm.

Program Go Jakfarm pertama kali dilakukan pada 7 Februari 2020 di tiga titik yaitu Penjaringan Jakarta Utara, Balai Penyuluhan Pertanian Kembangan, Jakarta Barat, dan Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu.

Kala itu di Penjaringan, tepatnya di Kebun Bibit Kamal Muara, Jalan Kapuk Kamal, Kelurahan Kamal Muara, tanaman yang ditanam adalah jagung sebanyak 6.250 pohon dan lemon sebanyak 200 pohon.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Canangkan Walkot Farm Sebagai Urban Farming]

Lain halnya di Balai Penyuluhan Pertanian Kembangan, Dinas KPKP memilih untuk menanam 200 pohon cabai, 150 pohon tomat, dan 150 pohon terung. Sedangkan cabai, terung, pepaya menjadi tanaman pilihan di Pulau Tidung Kecil.

Tiga hari setelahnya, yaitu 10 Februari, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni memasang target untuk menanam sebanyak 200.000 pohon selama menjalankan Program Go Jakfarm di DKI Jakarta. Rincian dari target itu adalah 50.000 pohon buah, 100.000 sayur-mayur, 30.000 tanaman obat keluarga (Toga), dan 20.000 tanaman pangan (palawija).

[Baca Juga: Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit untuk Urban Farming]

Untuk merealisasikan target itu, Darjamuni meminta setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) untuk mengumpulkan biji buah-buahan satu hari per orang. Diharapkan, melalui pengumpulan biji itu, Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman akan terbantu dalam penyediaan bibit buah-buahan.

Go Jakfarm disebut oleh Darjamuni akan melibatkan banyak pihak. "Go Jakfarm ini mengutamakan kolaborasi, melibatkan seluruh stakeholder mulai dari penggiat pertanian perkotaan hingga pihak swasta," kata Darjamuni.

Sejatinya, program ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan memberikan manfaat terkait peningkatan gizi masyarakat DKI Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 11 months, 4 weeks lalu
    emma

    Dapatkan bonus JACKPOT PARLAY 100% untuk kemenangan di sportbook dupa8,co kapan lagi menang di kasih bonus kan buruaan Join https://bit.ly/2seQ1PE dan masih ada bnyak promo yang lain sedang menanti anda, tunggu apalagi buruan bergabung bersama kami dan langsung raih bonus yang menanti anda. :)

  • Rine 11 months, 4 weeks lalu
    rine

    Bola165 ,co game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...