Google Bisnisku Rangkul Bukalapak Guna Kembangkan Bisnis UMKM

Bisnis

Google Bisnisku Rangkul Bukalapak Guna Kembangkan Bisnis UMKM

Bukalapak menjadi marketplace Indonesia pertama yang mendaftarkan Warung Mitra Bukalapak pada fitur Google Bisnisku. Kerja sama ini ditujukan untuk menjadi manuver jitu yang mengoptimalkan terapan teknologi dalam mengembangkan potensi besar bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam menyokong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Kini, tak kurang dari 95.000 Warung Mitra Bukalapak yang telah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku, akan muncul pada halaman pencarian seperti Google Maps dan Penelusuran Google. Pihak Bukalapak merasa bangga dapat dipercaya sebagai e-commerce marketplace pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Google Bisnisku.

Google Bisnisku Rangkul Bukalapak Guna Kembangkan Bisnis UMKM

“Program ini tidak hanya memudahkan pengguna internet semakin mengetahui keberadaan lokasi warung tradisional yang dapat meningkatkan volume transaksi bisnis, tetapi juga secara langsung memperkenalkan kepada para pemilik warung betapa pentingnya teknologi agar tetap bisa bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ungkap Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/10/19).

[Baca Juga: Google Ikut Rayakan Hari Batik dengan Doodle]

Bukalapak terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup para pelaku UMKM, salah satu langkahnya ialah memberikan bantuan kepada Mitra Bukalapak, terutama para pemilik warung, untuk dapat memperluas jangkauan bisnisnya. “Saat pengguna Google mengetik kebutuhan yang dicari, misalnya dengan kata Warung atau Frozen food di penelusuran Google, maka yang muncul pada halaman pencarian adalah Warung Mitra Bukalapak terdekat, lengkap dengan deskripsi dan lokasi agar mudah ditemukan oleh pelanggan,” jelas Fajrin.

Google Bisnisku Rangkul Bukalapak Guna Kembangkan Bisnis UMKM

“Google Bisnisku berupaya mempermudah pemilik warung untuk memiliki etalase online dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna Google saat mereka mencari kebutuhan sehari-hari. Melalui kerjasama ini, kami juga berkesempatan mengedukasi para pemilik warung Mitra Bukalapak akan manfaat kehadiran bisnis di mesin pencarian,” papar Ketua Google My Business Partnerships untuk Asia Pacific Marcel In’t Veen.

[Baca Juga: Kemacetan Jakarta Picu Google Indonesia Raih Penghargaan Smarties]

"UMKM telah sering membuktikan diri sebagai tulang punggung ekonomi bangsa dan penyelamat pada saat krisis. Di tengah era disrupsi teknologi seperti saat ini, saya sangat mengapresiasi Bukalapak sebagai unicorn yang terus mengembangkan inovasi untuk kesejahteraan UMKM. Pemerintah akan selalu bertindak sebagai fasilitator dan akselerator bagi pihak yang membangun ekosistem ekonomi digital,” imbuh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

Nantinya, Bukalapak gencar mengajak seluruh pemilik warung dan mitra individu mendaftar di Google Bisnisku. Pendaftaran dapat dilakukan melalui fitur Promosi Bisnis di aplikasi Mitra Bukalapak. Para Mitra Bukalapak cukup mengikuti langkah sederhana dengan memberikan informasi warung seperti nama warung, alamat, foto warung atau tempat usaha, hingga waktu operasi warung.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.