Bisnis
Google Bisnisku Rangkul Bukalapak Guna Kembangkan Bisnis UMKM
Bukalapak menjadi marketplace Indonesia pertama yang mendaftarkan Warung Mitra Bukalapak pada fitur Google Bisnisku. Kerja sama ini ditujukan untuk menjadi manuver jitu yang mengoptimalkan terapan teknologi dalam mengembangkan potensi besar bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam menyokong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Kini, tak kurang dari 95.000 Warung Mitra Bukalapak yang telah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku, akan muncul pada halaman pencarian seperti Google Maps dan Penelusuran Google. Pihak Bukalapak merasa bangga dapat dipercaya sebagai e-commerce marketplace pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Google Bisnisku.

“Program ini tidak hanya memudahkan pengguna internet semakin mengetahui keberadaan lokasi warung tradisional yang dapat meningkatkan volume transaksi bisnis, tetapi juga secara langsung memperkenalkan kepada para pemilik warung betapa pentingnya teknologi agar tetap bisa bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ungkap Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/10/19).
Bukalapak terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup para pelaku UMKM, salah satu langkahnya ialah memberikan bantuan kepada Mitra Bukalapak, terutama para pemilik warung, untuk dapat memperluas jangkauan bisnisnya. “Saat pengguna Google mengetik kebutuhan yang dicari, misalnya dengan kata Warung atau Frozen food di penelusuran Google, maka yang muncul pada halaman pencarian adalah Warung Mitra Bukalapak terdekat, lengkap dengan deskripsi dan lokasi agar mudah ditemukan oleh pelanggan,” jelas Fajrin.

“Google Bisnisku berupaya mempermudah pemilik warung untuk memiliki etalase online dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna Google saat mereka mencari kebutuhan sehari-hari. Melalui kerjasama ini, kami juga berkesempatan mengedukasi para pemilik warung Mitra Bukalapak akan manfaat kehadiran bisnis di mesin pencarian,” papar Ketua Google My Business Partnerships untuk Asia Pacific Marcel In’t Veen.
"UMKM telah sering membuktikan diri sebagai tulang punggung ekonomi bangsa dan penyelamat pada saat krisis. Di tengah era disrupsi teknologi seperti saat ini, saya sangat mengapresiasi Bukalapak sebagai unicorn yang terus mengembangkan inovasi untuk kesejahteraan UMKM. Pemerintah akan selalu bertindak sebagai fasilitator dan akselerator bagi pihak yang membangun ekosistem ekonomi digital,” imbuh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.
Nantinya, Bukalapak gencar mengajak seluruh pemilik warung dan mitra individu mendaftar di Google Bisnisku. Pendaftaran dapat dilakukan melalui fitur Promosi Bisnis di aplikasi Mitra Bukalapak. Para Mitra Bukalapak cukup mengikuti langkah sederhana dengan memberikan informasi warung seperti nama warung, alamat, foto warung atau tempat usaha, hingga waktu operasi warung.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Hobi dan Hiburan
Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad
23 March 2023, 18:17
Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Bisnis
Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini
21 March 2023, 11:48
Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Hobi dan Hiburan
Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023
20 March 2023, 14:47
Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Bisnis
Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah
17 March 2023, 10:29
Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.