Google Ikut Rayakan Hari Batik dengan Doodle

Berita Kawasan

Google Ikut Rayakan Hari Batik dengan Doodle

Perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober bukan hanya dirayakan dengan suka cita oleh rakyat Indonesia. Hari Batik yang sudah menginjak umur 10 tahun ini juga turut dirayakan oleh Google mesin pencari asal Amerika Serikat dengan pengguna terbesar. Jika Anda membuka Google, tiga motif batik terlukis di balik tulisan Google yang dibuat dalam font bergaya Aksara Jawa dengan nuansa warna biru dan cokelat.

Melansir dari kumparan.com (2/10/2019) batik yang dibuat Gooogle ini sengaja dibuat dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional. Google turut menjelaskan proses pembuatan doodle yang satu ini sangat spesial. Tak seperti doodle Google lain yang dibuat digital, doodle edisi Hari Batik Nasional ini dibuat dengan teknik batik tradisional. Sehingga prosesnya manual dengan menggunakan proses membatik yang asli.

Google Ikut Rayakan Hari Batik dengan Doodle

Seniman Lydia Nichols yang menjadi penanggung jawab terhadap doodle Google yang diterbitkan pada Hari Batik Nasional ini. Ia memaparkan, dirinya belajar langsung cara pembuatan baik menggunakan kain putih yang kemudian diwarnai. Usai proses membatik selesai, baru kemudian dipercantik menjadi draft doodle yang hasilnya bisa Anda lihat hari ini di halaman muka Google Indonesia.

[Baca Juga: Alasan Mengapa 2 Oktober Dijadikan Hari Batik Nasional]

Bukan hanya Google yang ikut merayakan Hari Batik, ucapan Selamat Hari Batik Nasional juga ramai digaungkan di media sosial. Di Twitter saja, ucapan tersebut berhasil menjadi trending Indonesia nomor dua dengan jumlah tweet sebanyak 19.000-an, kemudian tagar #BatikDay juga menduduki trending Indonesia nomor empat dengan jumlah tweet sebanyak 4.000-an.

Peringatan Hari Batik Nasional dirayakan sejak batik mendapatkan pengakuan dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2019. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda. Pengakuan ini didapatkan berkat pendaftaran yang dilakukan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan Komunitas Batik Indonesia pada 4 September 2008 sebagai mana dilansir dari kompas.com.

[Baca Juga: Hanya Rp100.000 Bisa Ikut Workshop Membatik]

UNESCO menyebutkan, batik merupakan ikon budaya yang memiliki keunikan dan filosofi mendalam serta mencakup siklus kehidupan manusia. Kemudian saat UNESCO secara resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden yang menyatakan 2 Oktober 2019 sebagai Hari Batik Nasional.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.