Google Rayakan 101 Tahun Ani Idrus, Siapa Dia

Pendidikan

Google Rayakan 101 Tahun Ani Idrus, Siapa Dia?

Pada Hari Guru Nasional ini, jika Anda membuka Google hari ini (25/11/2019), terdapat doodle dengan warna cokelat dan krem dengan sosok perempuan lanjut usia di tengahnya sedang memegang alat tulis dan koran-koran sebagai latar belakang. Jika Anda klik gambar doodle tersebut, akan menampilkan hasil pencarian terkait Ani Idrus beserta rekam jejaknya. Rupanya, Google Doodle hari ini merayakan hari ulang tahun Ani Idrus ke 101 tahun. Namun siapakah Ani Idrus?

Ani Idrus merupakan wartawati asal Sumatera Barat. Ani Idrus merupakan perempuan kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat 25 November 1918 dan wafat di Kota Medan pada 9 Januari 1999 seperti yang dilansir dari katadata.co.id (25/11/2019).

Google Rayakan 101 Tahun Ani Idrus, Siapa Dia

Ia juga merupakan pendiri Harian Waspada bersama suaminya, H. Mohamad Said pada 1947. Tokoh yang berjasa untuk pers ini memulai kariernya sebagai wartawan pada tahun 1930. Ia mulai menulis untuk majalah Panji Pustaka Jakarta. Seperti dikutip dari antaranews.com, kemudian pada tahun 1936 ia bekerja pada Sinar Deli Medan sebagai kontributor untuk majalah Politik Penyedar.

[Baca Juga: Saran 5 Perubahan dari Nadiem Makarim di Hari Guru 25 November 2019]

Tak lama setelah itu tepatnya dua tahun kemudian, Ani Idrus menerbitkan majalah politik Seruan Kita bersama suaminya. Dirinya juga menambahkan segmen khusus untuk pembaca wanita dengan menerbitkan majalah Dunia Wanita pada tahun 1949.

Google Rayakan 101 Tahun Ani Idrus, Siapa Dia

Jasanya dibidang jurnalistik, mengantarkan dirinya untuk meraih berbagai macam penghargaan dari pemerintah, misalnya penghargaan yang didapatkan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1959, piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada tahun 1979, dan pada tahun 1990, ia berhasil membawa pulang penghargaan dari Menteri Penerangan Republik Indonesia sebagai wartawan yang masih aktif berkontribusi di media massa walau umurnya sudah mencapai 70 tahun.

[Baca Juga: 4 Film Indonesia yang Menggambarkan Pengorbanan Seorang Guru]

Sebagai salah satu jurnalis senior, Ani Idrus juga ikut mendirikan dan membina organisasi PWI. Pada tahun 1951 bahkan ia mendirikan PWI Medan dan aktif menjadi penerus. Kemudian pada tahun 1953-1963, ia berturut-turut menjabat sebagai Ketua PWI Kring Medan. Kemudian 1959, Ani Idrus mendirikan Yayasan Balai Wartawan Medan dan menjadi ketua, tak lama ia juga mendirikan Yayasan Akademi Pers Indonesia dan menjabat sebagai wakil ketua.

Selain berkecimpung di dunia jurnalistik, Ani Idrus juga turut mendirikan dan memimpin lembaga pendidikan yang bernaung dalam Yayasan Pendidikan Ani Idrus. Hingga akhir hayatnya, ia menjabat sebagai Ketua Umum Sekolah Sepak Bola WASPADA, Medan. Direktur PT Prakarsa Abadi Press, Medan, dan Ketua Yayasan Asma Cabang Sumatera Utara.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.