Grab Siapkan Program untuk Tekan Angka Kecelakaan Skuter Listrik

Berita Kawasan

Grab Siapkan Program untuk Tekan Angka Kecelakaan Skuter Listrik

Operator penyedia layanan skuter listrik, Grab bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program Peningkatan Mutu Jalur Sepeda untuk Alat Mobilitas Pribadi (AMP) di Jakarta. Program itu dibuat untuk menekan angka kecelakaan yang akhir-akhir ini sering terjadi kepada para pengguna skuter listrik milik Grab yang disebut GrabWheels.

Kerja sama diawali dengan peningkatan mutu jalur sepeda sepanjang 6 kilometer yang berada di sekitar kawasan Senayan dan Gelora Bung Karno. Tidak hanya itu, kedua pihak juga sepakat untuk membuat jalur sepeda di lokasi lain di Jakarta.

[Baca Juga: Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya]

Selain itu, untuk menjadikan skuter listrik sebagai salah satu moda transportasi yang layak digunakan, Grab pun menggagas program Three E’s atau yang disebut juga dengan Educate (Edukasi), Equip (Melengkapi) dan Enforce (Menegakkan).

Untuk yang pertama, Grab ingin mengedukasi para pengguna GrabWheels lewat kampanye di semua kanal komunikasi. Pembekalan edukasi juga diberikan kepada tiga ratus mitra parkir GrabWheels di Jabodetabek.Grab juga akan menambah tim di lokasi parkir GrabWheels dan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Grab Siapkan Program untuk Tekan Angka Kecelakaan Skuter Listrik

Kemudian Equip, dimana Grab akan melengkapi skuter listriknya dengan beberapa fitur keamanan tambahan. Selain menambah helm pengaman di setiap lokasi parkir, Grab juga melengkapi skuter listriknya dengan lampu dan reflektor. Selain itu Grab juga membatasi kecepatan skuter listrik di kisaran 15 kilometer per jam.

Terakhir Enforce dimana Grab berjanji untuk menindak tegas pengguna GrabWheels yang melanggar peraturan. Salah satu pelanggaran yang akan ditindak adalah berboncengan di satu unit skuter listrik. Selain itu nantinya, hanya masyarakat yang berusia di atas 18 tahun yang boleh menggunakan GrabWheels.

Bila ditemui ada pengguna yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan Grab, tidak tanggung-tanggung perusahaan taksi online asal Singapura itu akan menjatuhkan denda sebesar Rp300.000. Bukan hanya itu, akun penggunanya pun akan ditangguhkan.

[Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming]

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berjanji segera menyusun aturan penggunaan skuter listrik. Nantinya skuter listrik hanya diperbolehkan untuk melaju di jalur sepeda sepeda yang telah disediakan. Selain itu, para pengguna skuter listrik juga dilarang untuk menyeberang jalan yang dilewati kendaraan bermotor.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.