Bisnis
GrabMerchant, Layanan Terbaru Dari Grab Bagi Para UMKM di Tengah Pandemi
Perusahaan Startup Grab, meulncurkan layanan baru yang bernama GrabMerchant di tengah situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini. GrabMerchant sendiri merupakan sebuah aplikasi khusus yang bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tanah air.
Aplikasi yang diluncurkan secara virtual pada Kamis, 11 Juni 2020 ini memungkinkan para UMKM untuk lebih mengoptimalkan bisnisnya. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 80% mitra penjual di Grab yang sudah bergabung dalam GrabMerchant. Dengan layanan terbaru ini, Mitra GrabFood, GrabMart, logistik dan GrabKios bisa langsung terintegrasi satu sama lain.
"Grab merchant salah satu solusi satu pintu kami dan terintegrasi yang kami sediakan untuk UMKM di Indonesia. Aplikasi Grab Merchant mengacu bisnis UKM dan dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengakses layanan Grab yang relevan," ucap Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia.
Melalui aplikasi GrabMerchant, nantinya para mitra UMKM bakal dapat menikmati sejumlah fitur yang dapat memudahkan kebutuhan bisnis. Salah satunya yakni, mitra dapat mengatur jadwal operasional sendiri.
Selain itu, mitra juga dapat mengatur profil karyawannya serta mengatur foto menu dan harga produk yang dijual. Mitra juga dapat melakukan promosi untuk mengoptimalkan penjualan melalui aplikasi GrabMerchant.
Di samping itu, GrabMerchant juga menyediakan fitur iklan untuk membantu para mitra dalam menampilkan usahanya melalui tampilan khusus yang akan dilihat oleh banyak pengguna Grab. Mitra pun dapat membuat iklan banner dan pencarian serta dapat memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan secara real-time. Untuk memanfaatkan fitur ini, mitra akan dikenakan tarif US$ 1 per hari untuk iklan beberapa menit.
Ada pula fitur grosir yang bisa dimanfaatkan para mitra untuk melengkapi persediaan bahan usahanya. Lewat fitur ini, para mitra bisa membeli persediaan bahan usahanya dengan harga eceran dari pasar tradisional.
Terakhir, Grab memperkenalkan fitur laporan bisnis bagi para mitra GrabMerchant. Fitur ini akan menampilkan data-data yang diolah dari laporan bisnis para mitra. Contohnya adalah laporan tentang menu yang paling laris hingga stok kebutuhan barang yang akan dijual.
"Fitur-fitur itu kami kembangkan untuk menjawab kebutuhan. Juga sebagai bagian dari komitmen kami mempercepat akselerasi digital para mitra UMKM di Indonesia," ujar Head of Marketing GrabFood, Hadi Surya Koe.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Properti dan Solusi
Topping Off Apartemen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholder
01 June 2023, 07:13
Pengembang PT PDS baru-baru ini secara resmi memulai proyek apartemen Antasari Place di Jakarta Selatan melalui proses topping off.

Bisnis
Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar
29 April 2023, 12:37
Melalui rangkaian terbaru produk Travelmate, Acer menargetkan Anda yang terbiasa bekerja secara hybrid.

Bisnis
#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri
14 April 2023, 09:55
Dalam rangka momen Ramadan, Astra Life Syariah meluncurkan programnya yang ditujukan untuk mendorong proteksi diri bagi Muslim Tanah Air sekaligus saling berbagi.

Bisnis
Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park
13 April 2023, 09:40
Jaringan bioskop internasional Cinepolis pada pekan ini secara resmi meluncurkan bioskop terbesarnya di Tanah Air yang dihadirkan di mal Senayan Park.
guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan...