Gratis! Vaksin PCV Siap Diberikan untuk Anak Mulai Usia 2 Bulan di Tangerang.jpg

Kesehatan

Gratis! Vaksin PCV Siap Diberikan untuk Anak Mulai Usia 2 Bulan di Tangerang

Bagi anak-anak, penyakit pneumonia tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa penyakit menular ini merupakan salah satu penyebab utama kematian anak-anak di dunia. Oleh karena itulah penting sekali penyakit ini terdiagnosa sedini mungkin atau dicegah melalui proses imunisasi Pneumpkokus Konyugasi atau lebih dikenal dengan istilah PCV yang sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Pemerintah Pusat telah menargetkan di tahun 2022 ini, semua anak Indonesia harus mendapatkan perlindungan melalui vaksin PCV yang dimulai untuk usia dua bulan. Salah satu wilayah yang telah memulai vaksinasi PCV gratis pada pekan ini adalah Kota Tangerang.

Gratis! Vaksin PCV Siap Diberikan untuk Anak Mulai Usia 2 Bulan di Tang erang.jpg

Vaksinasi PCV disebut sudah mulai digelar di Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) per tanggal 12 September 2022. Berdasarkan keterangan Kepala Dinkes Kota Tangera dr. Dini Angraeni, vaksinasi ini penting untuk upata perlindungan anak-anak yang usianya mulai genap dua bulan dari penyakit radang paru-paru. Anda pun tak perlu khawatir, karena tak seperti vaksin di rumah sakit atau klinik anak swasta yang harga vaksinasinya bisa menyentuh angka hingga ratusan ribu rupiah, program imunisasi PCV ini diberikan secara gratis.

“Imunisasi ini akan diberikan sebanyak tiga kali yaitu pada usia dua bulan, tiga bulan, dan 12 bulan. Silahkan untuk datang ke Posyandu atau Puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi ini dan program gratis tanpa dipungut biaya apapun,” ujar dr. Dini, sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (12/9/2022).

[Baca Juga: Waspada, Pneumonia Misterius China Sudah Makan Puluhan Korban]

“Untuk para orang tua, mari bawa anak-anaknya ke Posyandu atau Puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi PCV. Tidak perlu takut dan khawatir karena imunisasi ini aman bagi anak-anak karena fungsinya untuk melindungi mereka dari penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi,” sambungnya.

Sekadar informasi, program imunisasi PCV untuk anak-anak ini digelar secara di sejumlah wilayah di Tanah Air. Di mana peluncuran program ini digelar pada 12 September 2022 kemarin oleh Menteri Kesehatan Budi Gunawan. Sebagaimana dilansir dari Sehatnegeriku.Kemkes.go.id (12/9/2022), Menkes mengungkapkan bahwa vaksin PCV ini sangat penting untuk anak di negeri ini mengingat 14,5 persen kematian pada bayi serta lima persen kematian pada balita setiap tahunnya di Indonesia disebabkan oleh pneumonia.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.