Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

Berawal dari gadis berusia 16 Tahun bernama Greta Thunberg asal Swedia ini berani menyuarakan kegelisahannya akan kondisi bumi yang semakin memprihatinkan, Dirinya menggagas demonstrasi iklim bertajuk Fridays for Future yang merupakan gerakan setiap hari Jumat untuk berunjuk rasa agar pemerintah segera bertindak menangani perubahan iklim sejak tahun lalu. Pidato Greta yang berisi tentang ancaman perubahan iklim membuat para pemimpin dunia yang hadir saat forum PBB.

Pada hari yang sama dalam aksi Global Climate Strikes, anak-anak muda di Indonesia juga mengikuti aksi serupa dalam menyerukan aksi iklim yang bertema Jeda untuk Iklim. Anak-anak muda dari 12 kota di Indonesia bersama-sama turun ke jalan.

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Melansir laman antaranews.com (20/92019), peserta berkumpul di Jakarta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan orang dewasa yang sudah mendaftarkan dirinya secara online di situs globalclimatestrikes.org. Mereka sengaja mengambil izin untuk mengikuti aksi iklim dengan berjalan dari Masjid Cut Mutia menuju Balai Kota DKI Jakarta diteruskan berjalan sampai ke titik akhir Taman Aspirasi, Monas, Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste]

Aksi Global Climate Strikes akan berlangsung mulai 20 hingga 27 Septemebr 2019. Menurut catatan 350.org, aksi iklim ini akan dilakukan di 137 negara dan meliputi 4.500 kegiatan.

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Melansir laman bbc.com (20/09/2019), Greta Thunberg seorang anak muda sebagai simbol gerakan melawan perubahan iklim, melakukan aksinya dengan mogok dari sekolahnya setiap Jumat di depan gedung parlemen Swedia. Aksi ini terlahir dari kegiatannya yang menggelar aksi protes sendirian di tangga Kompleks Gedung Parlemen Swedia di Stockholm bulan Agustus 2018. Sejak itu, lebih dari satu juta siswa mengikuti aksi tersebut dengan cara meninggalkan ruang-ruang kelas.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Dalam aksinya tersebut secara khusus, dirinya ingin Swedia mematuhi Perjanjian Paris, bagian dari Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim. "Saya sudah mengatakan bahwa saya akan terus melakukan pemogokan setiap Jumat hingga Swedia sejalan dengan Perjanjian Paris," katanya. "Itu mungkin perlu beberapa tahun dan aku hanya harus berusaha untuk bersabar., seperti dilansir Thejakartapost.com (18/09/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.