Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

Berawal dari gadis berusia 16 Tahun bernama Greta Thunberg asal Swedia ini berani menyuarakan kegelisahannya akan kondisi bumi yang semakin memprihatinkan, Dirinya menggagas demonstrasi iklim bertajuk Fridays for Future yang merupakan gerakan setiap hari Jumat untuk berunjuk rasa agar pemerintah segera bertindak menangani perubahan iklim sejak tahun lalu. Pidato Greta yang berisi tentang ancaman perubahan iklim membuat para pemimpin dunia yang hadir saat forum PBB.

Pada hari yang sama dalam aksi Global Climate Strikes, anak-anak muda di Indonesia juga mengikuti aksi serupa dalam menyerukan aksi iklim yang bertema Jeda untuk Iklim. Anak-anak muda dari 12 kota di Indonesia bersama-sama turun ke jalan.

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Melansir laman antaranews.com (20/92019), peserta berkumpul di Jakarta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan orang dewasa yang sudah mendaftarkan dirinya secara online di situs globalclimatestrikes.org. Mereka sengaja mengambil izin untuk mengikuti aksi iklim dengan berjalan dari Masjid Cut Mutia menuju Balai Kota DKI Jakarta diteruskan berjalan sampai ke titik akhir Taman Aspirasi, Monas, Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste]

Aksi Global Climate Strikes akan berlangsung mulai 20 hingga 27 Septemebr 2019. Menurut catatan 350.org, aksi iklim ini akan dilakukan di 137 negara dan meliputi 4.500 kegiatan.

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Melansir laman bbc.com (20/09/2019), Greta Thunberg seorang anak muda sebagai simbol gerakan melawan perubahan iklim, melakukan aksinya dengan mogok dari sekolahnya setiap Jumat di depan gedung parlemen Swedia. Aksi ini terlahir dari kegiatannya yang menggelar aksi protes sendirian di tangga Kompleks Gedung Parlemen Swedia di Stockholm bulan Agustus 2018. Sejak itu, lebih dari satu juta siswa mengikuti aksi tersebut dengan cara meninggalkan ruang-ruang kelas.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Dalam aksinya tersebut secara khusus, dirinya ingin Swedia mematuhi Perjanjian Paris, bagian dari Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim. "Saya sudah mengatakan bahwa saya akan terus melakukan pemogokan setiap Jumat hingga Swedia sejalan dengan Perjanjian Paris," katanya. "Itu mungkin perlu beberapa tahun dan aku hanya harus berusaha untuk bersabar., seperti dilansir Thejakartapost.com (18/09/2019).

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.