Gubernur DKI Jakarta Telekonferensi Bersama C40 Cities Tentang COVID-19

Berita Kawasan

Gubernur DKI Jakarta Telekonferensi Bersama C40 Cities Tentang COVID-19

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan telekonferensi bersama yang diikuti 45 wali kota dan pimpinan kota anggota C40 Cities. Dalam kesempatan tersebut, mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan serta saling mendukung dalam penanganan pandemi COVID-19.

Telekonferensi diikuti para pemimpin kota besar di dunia, seperti Los Angeles, Milan, Seoul, Freetown, London, Paris, Accra, Athena, Austin, Barcelona, Bogotá, Boston, Buenos Aires, Curitiba, Dakar, Dar es Salaam, Delhi NCT, Dubai, Guadalajara, Guangzhou, Heidelberg, Hong Kong, Istanbul, Johannesburg, Kolkata, Lima, Lisbon, Madrid, Montréal, Melbourne, Nanjing, New Orleans, Oslo, Phoenix, Portland, Quezon City, Roma, San Francisco, Santiago, Seattle, Singapore, Tokyo, Vancouver dan Warsawa.

Gubernur DKI Jakarta Telekonferensi Bersama C40 Cities Tentang COVID-19

Melansir laman beritajakarta.id (31/03/2020). Anies mendorong pertukaran informasi dan pembelajaran secara lebih cepat terutama terkait upaya meningkatkan kapasitas testing terhadap kasus ini. Anies juga berbagi secara singkat tentang kondisi di Jakarta dan sejumlah hal yang telah dilakukan oleh pemerintah di Ibu Kota.

“Saya berbagi pengalaman, mendengarkan pengalaman yang dilakukan pemerintah kota di berbagai belahan dunia dalam telekonferensi ini mengenai cara mereka menanggulangi COVID-19. Kami di Jakarta sangat ingin belajar lebih dengan kota-kota besar di dunia yang sudah lebih dulu menangani COVID-19 ini, ada yang menerapkan lockdown dan ada yang menerapkan rapid test untuk menekan penyebaran COVID-19. Melalui telekonferensi ini, kami belajar bagaimana meningkatkan kapasitas untuk melakukan testing menggunakan metode PCR. Salah satunya, belajar dari Seoul yang sudah menerapkan testing seperti ini,” jelasnya.

[Baca Juga: Anies Siapkan Insentif Bagi Petugas Yang Tangani Pasien COVID-19]

Anggota C40 Cities lantas sepakat untuk saling memberi dukungan dalam menyelamatkan nyawa penduduk kota dari virus COVID-19. Selain bersepakat untuk memberi imbauan kepada penduduk kota agar tidak melakukan perjalanan atau bepergian, anggota C40 Cities juga sepakat akan memberi bantuan berupa alat maupun sumber daya jika dibutuhkan di suatu wilayah anggota C40 Cities.

Wakil Ketua C40 Cities yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Dubai, Abdulla Mohammed Al Basti, menyampaikan pandemi global ini telah sangat menekankan pentingnya kolaborasi internasional dan solidaritas.

[Baca Juga: Anies Akan Tindak Tegas Masyarakat yang Berkumpul di Luar Rumah]

“Kami melihat negara-negara bertukar pengetahuan, bakat, dan pasokan medis dengan negara lain yang membutuhkan dengan Tiongkok memimpin upaya dalam berbagi pelajaran dan dukungannya. Ini adalah bukti nyata bagaimana aksi global dapat dimobilisasi dalam waktu singkat ketika semua orang fokus pada tujuan yang jelas. Insya Allah, ini akan membantu kita keluar dari krisis ini dengan lebih kuat, lebih bijaksana, dan lebih tangguh,” ungkapnya.

Seperti diketahui, C40 Cities mengkoneksikan 96 kota terbaik dunia untuk mengambil aksi terkait perubahan iklim. Aksi bersama ini diharapkan mampu menjadikan iklim dunia lebih sehat dan berkelanjutan di masa depan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.