Gubernur DKI Jakarta Terima Usulan Pengembangan Ekowisata Cipayung

Berita Kawasan

Gubernur DKI Jakarta Terima Usulan Pengembangan Ekowisata Cipayung

Ekowisata Cipayung sebelumnya tengah dikembangkan menjadi objek wisata unggulan bertaraf internasional. Tempat wisata ini akan terintegrasi dengan Waduk Seru, Hutan Kota Setu Jati, Hutan Kota Cilangkap, dan Taman Kota Cempaka. Rencana pengembangan ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak Oktober 2019 lalu.

Gagasan tersebut diungkapkan oleh Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata Dadang Solihin dalam tinjaunya bersama Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar saat meninjau Ekowisata Cipayung Oktober lalu. Menurutnya tempat tersebut memiliki potensi wisata yang baik, maka dari itu pengembangan sangat dibutuhkan.

[Baca Juga: Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung]

“Jakarta Timur memiliki potensi wisata alam maupun budaya yang mumpuni. Jakarta Timur juga memiliki wilayah penghijauan lingkungan dan juga kebon bibit buah dan sayur-mayur yang menghasilkan nilai ekonomi. Selain itu, keberadaan kebon bibit di Agro Wisata Cilangkap ini bisa jadi wahana penelitian bagi perguruan tinggi maupun edukasi bagi pelajar,” sebut Dadang.

Dari gagasan tersebut, akhirnya, Kecamatan Cipayung mengusulkannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai rencana prioritas. Bukan hanya itu, pembangunan kawasan sekolah kreatif juga turut diusulkan di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur seperti dilansir dari timur.jakarta.go.id (21/2/2020).

Gubernur DKI Jakarta Terima Usulan Pengembangan Ekowisata Cipayung

Walikota Jakarta Timur M. Anwar menyebutkan, usulan dari Kecamatan Cipayung tersebut sudah diterima atau disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia berharap, pengembangan kawasan Ekowisata Cipayung dan sekolah kreatif bisa segera dilaksanakan pada tahun 2021, sehingga memberikan manfaat bagi warga Jakarta Timur.

Pada Musrenbang Kecamatan Cipayung, terdapat 415 usulan yang terkumpul dari delapan kelurahan dengan total anggaran Rp169 Miliar. Adapun total usulan terdiri dari 347 usulan fisik, Kebanyakan usulan diajukan kepada Suku Dinas Sumber Daya Air dan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur, termasuk prioritas pembangunan kawasan sekolah kreatif dan Eko Wisata Cipayung.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Bahas Cipayung sebagai World Greenest City]

“Di Cipayung ada lahan total 30 hektar yang berada di Kelurahan Setu dan Kelurahan Cilangkap, dan untuk Agrowisata Cilangkap. Di sana sudah ada pembibitan tanaman melon, dan sayur-sayuran,” ujar Camat Cipayung Fadjar Eko Satrio.

Sementara itu, untuk pembangunan kawasan sekolah kreatif telah ada beberapa SMK Negeri dengan beragam jurusan di Kelurahan Bambu Apus, yakni SMK Negeri 24 Jakarta, SMK Negeri 51 Jakarata, dan SMK Negeri 58 Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.