Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Berita Kawasan

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Musibah banjir yang melanda Jakarta memang sangat merugikan warga. Bencana awal tahun 2020 ini memang sangat besar, dapat dikatakan ekstrim. Selain kerugian, musibah ini pun memakan korban. Tentunya pemerintah tak tinggal diam untuk mengatasi banjir ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serentak kerja bakti di sejumlah titik terdampak banjir. Salah satunya kerja bakti di Kelurahan Makasar yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu tanggal 5 Januari 2020.

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Melansir dari situ resmi timur.jakarta.go.id (5/5/2020), kerja bakti yang dipimpin Gubernur dilakukan dengan bersih-bersih bersama petugas gabungan di Jalan Kerja Bakti, RT 002/RW 07, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Sebelum aksi dimulai dilakukan apel bersama yang diikuti oleh 1.000 petugas gabungan.

Adapun satuan petugas gabungan yang terlibat diantaranya yaitu Satpol PP, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Lingkungan Hidup, Suku Dinas Perhubungan, Suku Dinas Kehutanan, Suku Dinas Sosial, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), dan TNI/Polri.

[Baca Juga: Leptospirosis Penyakit yang Berkembang Saat Banjir]

Setelah apel, Gubernur bersama petugas langsung mendatangi salah satu lokasi banjir di sana. Diantaranya dengan mulai membersihkan saluran, lapangan bermain, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), pengangkutan sampah dan membersihkan lumpur yang menumpuk di jalan.

“Alhamdulillah ini kita bisa dituntaskan dan ini usaha kita Pemprov DKI Jakarta untuk cepat merehabilitasi pasca banjir kemarin, kita akan terus membantu warga dalam proses pembersihan pada fase ini adalah puing-puing semua akan diangkat. Dan kita akan menyiapkan karbol untuk warga gunakan untuk membersihkan rumahnya dan lingkungannya,” ujar Anies.

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Aksi kerja bakti serupa dilakukan di 388 RW se-DKI Jakarta dengan menurunkan 300 orang petugas gabungan dari seluruh lapisan masyarakat yang bantu membersihkan. Adapun di Jakarta Timur terdapat 38 kelurahan yang terdampak banjir.

"Percepatan recovery akan bisa tercapai, dan Alhamdulillah semua genangan di wilayah yang kemarin terkena banjir sudah tuntas. Dan sekarang tinggal fase rehabilitasi dan para pengungsi yang masih tinggal di tempat sementara apabila membutuhkan pelayanan kesehatan bisa langsung ke puskesmas terdekat atau RSUD di Kecamatan Makasar," pungkasnya.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Semetara itu, Rio warga kelurahan Makasar menyambut baik aksi kerja bakti bersama pascabanjir. Ia berharap ke depannya banjir tidak lagi terjadi. Menurutnya, banjir dapat merugikan warga dan menguras tenaga untuk memulihkan barang-barang dan rumah yang terkena dampaknya.

"Bagus sekali hari ini kerja bakti dengan bapak Gubernur, dan ke depannya warga ingin di normalisasi lagi kali agar tidak terjadi banjir lagi seperti ini. Karena banjir seperti ini terakhir tahun 2007, dan ini paling besar banjirnya sepanjang tahun 2007 sampai sekarang,” ujar Rio.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.