Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Berita Kawasan

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Musibah banjir yang melanda Jakarta memang sangat merugikan warga. Bencana awal tahun 2020 ini memang sangat besar, dapat dikatakan ekstrim. Selain kerugian, musibah ini pun memakan korban. Tentunya pemerintah tak tinggal diam untuk mengatasi banjir ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serentak kerja bakti di sejumlah titik terdampak banjir. Salah satunya kerja bakti di Kelurahan Makasar yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu tanggal 5 Januari 2020.

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Melansir dari situ resmi timur.jakarta.go.id (5/5/2020), kerja bakti yang dipimpin Gubernur dilakukan dengan bersih-bersih bersama petugas gabungan di Jalan Kerja Bakti, RT 002/RW 07, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Sebelum aksi dimulai dilakukan apel bersama yang diikuti oleh 1.000 petugas gabungan.

Adapun satuan petugas gabungan yang terlibat diantaranya yaitu Satpol PP, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Lingkungan Hidup, Suku Dinas Perhubungan, Suku Dinas Kehutanan, Suku Dinas Sosial, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), dan TNI/Polri.

[Baca Juga: Leptospirosis Penyakit yang Berkembang Saat Banjir]

Setelah apel, Gubernur bersama petugas langsung mendatangi salah satu lokasi banjir di sana. Diantaranya dengan mulai membersihkan saluran, lapangan bermain, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), pengangkutan sampah dan membersihkan lumpur yang menumpuk di jalan.

“Alhamdulillah ini kita bisa dituntaskan dan ini usaha kita Pemprov DKI Jakarta untuk cepat merehabilitasi pasca banjir kemarin, kita akan terus membantu warga dalam proses pembersihan pada fase ini adalah puing-puing semua akan diangkat. Dan kita akan menyiapkan karbol untuk warga gunakan untuk membersihkan rumahnya dan lingkungannya,” ujar Anies.

Gubernur DKI Kerja Bakti di Kecamatan Makasar yang Dilanda Banjir

Aksi kerja bakti serupa dilakukan di 388 RW se-DKI Jakarta dengan menurunkan 300 orang petugas gabungan dari seluruh lapisan masyarakat yang bantu membersihkan. Adapun di Jakarta Timur terdapat 38 kelurahan yang terdampak banjir.

"Percepatan recovery akan bisa tercapai, dan Alhamdulillah semua genangan di wilayah yang kemarin terkena banjir sudah tuntas. Dan sekarang tinggal fase rehabilitasi dan para pengungsi yang masih tinggal di tempat sementara apabila membutuhkan pelayanan kesehatan bisa langsung ke puskesmas terdekat atau RSUD di Kecamatan Makasar," pungkasnya.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Semetara itu, Rio warga kelurahan Makasar menyambut baik aksi kerja bakti bersama pascabanjir. Ia berharap ke depannya banjir tidak lagi terjadi. Menurutnya, banjir dapat merugikan warga dan menguras tenaga untuk memulihkan barang-barang dan rumah yang terkena dampaknya.

"Bagus sekali hari ini kerja bakti dengan bapak Gubernur, dan ke depannya warga ingin di normalisasi lagi kali agar tidak terjadi banjir lagi seperti ini. Karena banjir seperti ini terakhir tahun 2007, dan ini paling besar banjirnya sepanjang tahun 2007 sampai sekarang,” ujar Rio.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.