SP2D Online DKI.jpg

Berita Kawasan

Gubernur DKI Luncurkan Sistem Bayar Belanja & Pajak Online

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluncurkan SP2D online dan realtime di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusatpada Kamis, 31 Januari 2019. Pembayaran belanja daerah dan pajak pusat kini bisa dilakukan secara bersamaan melalui SP2D online dan realtime sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak dilakukan secara terpisah seperti sebelumnya.

Pembayaran belanja daerah dan pajak pusat kini saat bertransaksi bisa langsung dibayarkan. Sebagaimana yang dilansir beritajakarta.go.id (01/02/2019), Anies mengatakan bahwa SP2D online dan realtime adalah sebuah inovasi yang belum ada di Indonesia. Dengan sistem online yang dikerjakan secara realtime membuat akuntabilitas transaksi pembelanjaan daerah dan pengelolaan pajak bisa menjadi lebih baik dan efisien karena sistem ini memangkas beberapa proses dari proses manual sebelumnya.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Berencana Batasi Pemakaian Detergen]

Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi pihak Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan dan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang telah berkoordinasi serta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI dan PT. Bank DKI yang telah menyiapkan progres kebijakan SP2D online dan realtime untuk BPKD DKI.

Peluncuran ini sekaligus dilakukan peragaaan pembayaran belanja daerah dan pajak pusat yang disaksikan oleh Kepala Bidang Pembendaharaan & Kas BPKD DKI Jakarta, Yani Suryani yang mendampingi Gubernur DKI Jakarta dan para Direktur Bank DKI seperti yang dilansir oleh bankdki.co.id (01/02/2019).

Anies juga mengatakan bahwa saat ini sistem online ini masih pada aspek pengeluaran dan berharap nantinya sistem ini akan dicoba untuk aspek lainnya seperti pada seluruh SKPD dan UKPD Pemprov DKI Jakarta agar memudahkan warga untuk bertransaksi pembayaran pajak.

[Baca Juga: Kemenhub Akan Segera Mengatur Taksi Daring]

Dengan SP2D online dan realtime ini alur pembayaran belanja daerah dan pajak pusat yang melalui Bendahara Umum Daerah menjadi lebih transparan.

Jakarta akan menjadi acuan dalam pelayanan sistem teknologi yang dimanfaatkan suatu daerah untuk membangun sistem aplikasi kota cerdas (smart city) agar memberikan pelayanan yang efektif, cepat dan mudah.

“Melalui Integrasi Sistem ini akan memudahkan mekanisme pelaporan dan pengawasan dalam administrasi pembayaran pajak dan diharapkan SP2D secara online dan realtime ini menjadi Role Model untuk Pemerintah Daerah atau Provinsi lainnya di Indonesia”, ujar Anies.

Kepala BPKD DKI Jakarta, Edi Sumantri mengatakan bahwa layanan baru SP2D online dan realtime telah disosialisasikan dan diadakan pelatihan penggunanaan sistem online SP2D kepada jajarannya di lima wilayah kota Jakarta. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan soft launching pembayaran pajak pusat melalui SP2D online.


Read More

Artikel Lainnya

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya


Comments


Please Login to leave a comment.