Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Berita Kawasan

Gubernur Jawa Tengah Usulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk dr. Kariadi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengusulkan nama dr. Kariadi sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah pusat. Hal itu Ganjar ungkapkan usai mengikuti rapat paripurna di Kantor DPRD Jawa Tengah pada Jumat (19/6/2020).Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengusulkan nama dr. Kariadi sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah pusat. Hal itu Ganjar ungkapkan usai mengikuti rapat paripurna di Kantor DPRD Jawa Tengah pada Jumat (19/6/2020).

Ganjar mengusulkan gelar pahlawan nasional tersebut lewat surat bernomor 464/0009043 yang ditujukan kepada Menteri Sosial RI Juliari P Batubara. Selain Dr. Kariadi, terdapat dua tokoh besar dari Jawa Tengah lainnya yang diusulkan oleh Ganjar, yaitu Prof. Dr. Soegarda Poerbakawatja dan Jendral Polisi Hoegeng Imam Santoso.

“Saya sudah setujui, ada tiga yang diusulkan, yakni Pak Hoegeng, dr. Kariadi, dan satu lagi Pak Soegarda, yang sekarang namanya dipakai untuk museum di Purbalingga. Sudah saya kirim ke pusat,” tutur Ganjar, dikutip dari ayosemarang.com (19/6/2020).

Gubernur Jateng Minta Kegiatan Masyarakat di Kota Semarang Diperketat.jpg

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengungkapkan, pengusulan gelar pahlawan nasional bagi ketiga tokoh tersebut berawal dari masyarakat. Selanjutnya, Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Tengah melakukan kajian terhadap usulan itu.

[Baca Juga: Pakar Sejarah Sebut Alasan dr. Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional]

“Itu detil, ada usulan dari masyarakat, ada data yang dilampirkan. Tugas kami memverifikasi saja, apakah semuanya betul dan tidak ada yang terlanggar. Kemudian setelah itu, kami meneruskan ke pusat,” lanjut Ganjar. Pemegang keputusan akhirnya, kata Ganjar, adalah Sekretaris Militer Presiden Republik Indonesia.

Nama dr. Kariadi kini diabadikan sebagai nama salah satu rumah sakit di Kota Semarang, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi. Ia adalah tokoh yang berjuang meneliti Reservoir Siranda di Kota Semarang yang diisu telah diracun pada masa penjajahan Jepang.

Kala itu, terdapat sikap saling tuduh antara pemuda Indonesia dan tentara Jepang tentang isu reservoir atau tendon air di Siranda yang telah diracun. Setelah mendengar isu tersebut, dr. Kariadi yang ketika itu menjabat sebagai kepala laboratorium Rumah Sakit Purusara mencoba meneliti air tandon tersebut.

Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Namun, dalam perjalanan mengambil sampel air, tentara Jepang menembak dr. Kariadi, dan nyawanya pun tidak bisa terselamatkan.

[Baca Juga: Hanung Bramantyo Bakal Sutradarai Biopik Sejarah di Kota Lama Semarang]

Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Padjajaran Nina Herlina pada webinar bertajuk “Pengusulan dr.Kariadi sebagai Pahlawan Nasional” yang digelar 14 April lalu pun menyebut bukti lainnya mengenai perjuangan sang dokter, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Nina mengungkapkan, perjuangan dr. Kariadi tersebut menjadi upaya yang sesuai dengan keahlian beliau sebagai peneliti nyamuk penyebab malaria dan filariasis.

Meski lahir di Malang, Jawa Timur, dr. Kariadi mengabdi bekerja di Pusat Rumah Sakit Rakyat (Purusara), yang kini menjadi RSUP dr. Kariadi di Kota Semarang.

Ibu Kota Jawa Tengah pun menjadi tempat dr. Kariadi menghembuskan napas terakhir.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 year, 5 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • Anisa 1 year, 5 months lalu
    anisa

    Selamat Pagi semua 🤗 Dari pada di rumah/di kerjaan ga bisa keluar dan merasakan jenuh serta tidak ada penghasilan ? Mending Join atau bergabung di situs ini aja yang bisa menghasilkan uang asli hanya dengan bermain game seruuu? Daftar sekarang juga di QQHARIAN ( bisa lsg buka atau search di google ya guys ). 🤗 🤗 🤗

  • Suki 1 year, 5 months lalu
    suki

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....

  • Emma 1 year, 5 months lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, Di Agen Togel Online Terbaik dan jangan lupa raih berbagai macam promonya, buruan langsung saja daftar Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>