Gudeg Paling Populer dan Jadi Favorit yang Wajib Coba .jpg

Kuliner

Gudeg Paling Populer dan Jadi Favorit yang Wajib Coba

Gudeg merupakan makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang paling populer. Cita rasa yang manis dan gurih ini sangat khas dan membuat orang rindu ingin kembali ke kota budaya ini. gudeg asli Jogja memiliki warna yang lebih merah karena ketika proses pembuatannnya dicampur dengan daun jati.

Gudeg ini biasanya dilengkapi dengan sambal goreng krecek atau lauk lain yang bisa Anda pilih seperti, opor ayam, telur, tahu, tempe, dan lainnya. Maka dari itu, tak lengkap rasanya jika pergi ke Jogja tanpa mencicipi nikmatnya gudeg. Walau Anda bisa menemukan warung gudeng di setiap sudut kota Jogja, ada beberapa warung makan gudeg yang amat sangat populer karena rasanya yang tak terlupakan.

Melansir dari berbagai sumber (9/6/2020) berikut Pingpoint rangkum gudeg yang paling populer dan tentunya enak di kota pelajar.

1) Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum terletak di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Warung makan gudeg ini sudah siap melayani pelanggan sejak pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Saat berkunjung ke sini, Anda jangan terkejut jika tempatnya ramai, karena memang tak pernah sepi pengunjung. pasalanya, Gudeg Yu Djum sudah ada sejak 1951.

2) Gudeg Legenda Mbok Joyo

Gudeg yang satu ini juga tak kalah nikmatnya. Tempat makan gudeg yang mulai buka pada 18.00 – 00.00 WIB ini memberikan berbagai pilihan gudeg, seperti gudeg kering dan basah. Tak usah khawatir soal harga, di tempat ini pun harganya terbilang terjangkau dan ramah di kantong. Anda bisa mendatangi Gudeg Legenda Mbok Joyo di Jl. Brigjen Katamso No.130, Kepakaran, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

3) Gudeg Mbah Lindu

Gudeg yang satu ini juga tak kalah legendaris sekaligus unik. Pasalnya, sang pemilik dan penjual masih orang yang sama, yaitu Mbah Lindu yang usianya tak lagi muda, hampir satu abad. Mbah Lindu telah berjualan gudeg andalannya sejak masa penjajahan Jepang dan ia masih melayani dan berjualan hingga sekarang. Anda bisa langsung bertemu Mbah Lindu di Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Jogjakarta.

4) Gudeg Bu Tjitro 1925

Sesuai namanya, gudeg yang lahir pada tahun 1925 ini merupakan pionir gudeg di Jogja. Anda bisa menikmati gudeg Bu Tjitro sebagai oleh-oleh dalam kemasan kalengan sehingga lebih awet ataupun menikmatinya di tempat. Jangan lupa untuk cicipi nasi pulen yang ditambah gudeg setengah kering, ayam santan, dan lainnya. Anda bisa mengunjungi Gudeng Tjitro 1925 di Jalan Janti No. 330, Depan JEC (JOGJA EXPO CENTER), Banguntapan, Bantul.

Dari empat gudeg di atas, mana yang pernah Anda coba dan cicipi? Setelah pandemi ini berakhir, Anda dapat merencanakan perjalanan ke kota Jogja untuk berburu gudeg lezat tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.