Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris asal Yogyakarta

Kuliner

Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris asal Yogyakarta

Bila Anda berwisata ke kota Yogyakarta maka tak afdal jika tidak mencicipi kuliner khas daerah istimewa di Jawa Tengah itu. Bila berbicara mengenai kuliner khas Yogyakarta, maka Gudeg Yu Djum dipastikan menjadi salah satu rekomendasi rumah makan yang perlu dikunjungi. Namun bagaimana jika Anda yang tinggal di Ibu Kota tapi ingin mencicipi sajian Gudeg Yu Djum? Tidak perlu khawatir karena kuliner legendaris Yogyakarta ini hadir pada event Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village.

Sebagai salah satu peserta kegiatan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019, mal Pluit Village memiliki area khusus bernama Food Festival. Di area ini, terdapat beragam menu makanan khas Nusantara yang bisa Anda cicipi hingga tanggal 27 Oktober 2019 dan salah satu booth-nya adalah milik Gudeg Yu Djum yang langsung dikelola oleh cucu Djuwariyah. Sekadar informasi, Djuwariyah atau yang dikenal dengan nama Yu Djum sudah mulai menjajakan menu gudeg di Yogyakarta sejak tahun 1951.

Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris asal Yogyakarta

“Konsep dari Gudeg Yu Djum ini bermula dari nenek yang mengolah nangka yang belum matang menjadi sayur dan diolahlah menjadi gudeg. Gudeg sendiri ada beberapa tipe, basah dan kering, bahkan sekarang ada gudeg mercon. Cuman di Gudeg Yu Djum sendiri ciri khasnya adalah gudeg kering,” ucap salah satu pemilik Gudeg Yu Djum Hendri Tri Utomo kepada PingPoint.co.id pada acara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village, Jalan Pluit Indah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (27/9/2019).

[Baca Juga: Menikmati Kelezatan Gudeg di Kota Tangerang Selatan]

Menurut Hendri terdapat alasan khusus mengapa Gudeg Yu Djum memilih gudeg kering sebagai menu ikoniknya. Pasalnya, sajian di rumah makan mereka memang digandrungi oleh para wisatawan yang memang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh. “Karena kalau oleh-oleh tidak tahan lama kan pasti percuma juga dibawa,” ujarnya.

Hendri melanjutkan, saat ini cabang-cabang Gudeg Yu Djum yang tersebar di Kota Yogyakarta dikelola oleh keluarga Djuwariyah dan semuanya memiliki ciri khas yang sama, yakni menggunakan resep yang serupa dengan yang dibuat oleh Djuwariyah. “Kita tetap resep yang sama untuk menjaga dan melestarikan apa yang dibangun oleh nenek dari dulu sampai sekarang akhirnya menjadi besar,” ucap pemilik Gudeg Yu Djum itu.

[Baca Juga: Ini Bakso Sumsum yang Dinikmati Menteri Pariwisata di Pluit Village]

Seperti yang dijelaskan Hendri, resep masakan di Gudeg Yu Djum sangat dipertahankan hingga kini dan menu yang dihadirkan di acara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village juga sama. Jadi tidak heran bila gudeg di booth-nya langsung dimasak di Yogyakarta sebelum disajikan di event ini. Harga yang ditawarkan di booth Gudeg Yu Djum dimulai dari harga Rp35.000 sampai Rp250.000.

“Proses Gudeg Yu Djum itu lama ya, kita untuk memasak gudegnya itu sendiri dari nangkanya membutuhkan waktu enam sampai delapan jam. Kalau ayam prosesnya hampir sama sekitar enam jam karena memang ayam kampung jadinya proses memasaknya bisa memakan waktu seharian. Menu di sini dikirim semua lewat kereta terus sampai sini tinggal dipanaskan,” tambah Hendri.

Read More

Artikel Lainnya

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

Berita Kawasan

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

14 October 2019, 13:59  |  27 Views

Kemeriahan acara Pekan Budaya Nasional 2019 di warnai oleh ribuan sorakan lirik lagu “Cendol Dawet” dari “ The godfather of broken heart” Kamis malam, 11 Oktober2019.

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Kuliner

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  19 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  10 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.


Comments


Please Login to leave a comment.