Gugatan Ruben Onsu Soal Nama Geprek Bensu Ditolak, Bagaimana Nasibnya

Bisnis

Gugatan Ruben Onsu Soal Nama Geprek Bensu Ditolak, Bagaimana Nasibnya?

Ruben Onsu merupakan selebriti papan atas Indonesia yang bukan hanya besar namanya di dunia industri hiburan tapi juga di dunia bisnis. Pasalnya, Ruben juga terkenal memiliki beberapa usaha kuliner yang sudah terkenal, apalagi jika Anda sering memesan makanan dari aplikasi ojek online atau ojol. Salah satu yang paling populer adalah Geprek Bensu. Namun sayang, sejak 2018 lalu, Ruben dan mantan rekan bisnisnya justru berselisih untuk memperebutkan nama Bensu di usaha ayam goreng.

Jika dicari tahu lebih dalam, Geprek Bensu telah mengajukan pendaftaran merek pada 3 April 2018. Namun mengutip dari Kontan (11/6/2020), Direktur Merek dan Indikasi Geografid Ditjen HKI Fathtlurachman menyebutkan, merek Bensu sudah lebih dulu terdaftar atas nama Jessy Nurhalim, bukan Ruben Onsu. Sertifikat tersebut terdaftar untuk jasa bar, kafe, kantin, catering, dan lainnya.

Gugatan Ruben Onsu Soal Nama Geprek Bensu Ditolak, Bagaimana Nasibnya

Namun menurut Minola Sebayang, kuasa hukum Ruben dari Kantor Hukum Minola Sebayang & Partners mengatakan, gugatan diajukan lantaran nama Bensu memang telah lama melekat pada Ruben. Maka dari itu, Ruben mengajukan gugatan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.Pst pada 25 September 2018. Ditjen HKI juga jadi turut tergugat dalam gugatan.

Kemudian karena ditolak, Ruben kembali mengajukan gugatan yang sama ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 23 Agustus 2019 dengan nomor perkara 57/Pdt.Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.Pst.

[Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Ini 4 Kedai Ayam Geprek di Bekasi]

Akhirnya keputusan mengenai perebutan nama ini pun keluar. Walaupun sempat ada kabar masalah nama ini telah diselesaikan secara kekeluargaan, namun nyatanya pada hari ini, 11 Juni 2020, gugatan Ruben Onsu mengenai hak kepemilikan nama atau merek ditolak Mahkamah Agung (MA).

Dengan keputusan tersebut, MA mengabulkan gugatan balasan dari PT Ayam Geprek Benny Sujono. Mengutip dari Kompas, dalam putusan tersebut, hakim menyatakan PT Ayam Geprek Benny Sujono merupakan pemilik dan pemakai pertama yang sah atas merk I Am Geprek Bensu.

Gugatan Ruben Onsu Soal Nama Geprek Bensu Ditolak MA, Bagaimana Nasibnya.jpg

Hakim juga menyatakan, permohonan enam merk dagang yang diajukan Ruben Onsu dibatalkan, karena menyerupai nama atau singkatan nama badan hukum milik PT Ayam Geprek Benny Sujono.

"Memerintahkan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Hak Dan Kekayaan Intelektual cq. Direktorat Merek Dan Indikasi Geografis (in casu Turut Tergugat Rekonpensi) untuk melaksanakan pembatalan merek-merek atas nama RUBEN SAMUEL ONSU tersebut di atas, yaitu dengan mencoret pendaftaran merek-merek tersebut dari Indonesia Daftar Merek, dengan segala akibat hukumnya," demikian bunyi putusan MA.

Putusan perkara tersebut sudah dibacakan dalam sidang permusyawaratan Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Senin, 13 Januari 2020 lalu. Hingga kini, Ruben Onsu maupun Sarwendah tidak angkat bicara mengenai keputusan ini jika dilihat dari media sosial masing-masing.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.