Ini 6 Manfaat Gula untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Properti dan Solusi

Gula Bukan Hanya Pemanis, Ini 6 Manfaat Gula untuk Rumah Anda

Gula merupakan salah satu bumbu yang memiliki cita rasa manis dan kerap kali digunakan pada makanan ataupun minuman. Gula juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan setiap orang. Gula didapatkan dari tebu ataupun aren. Ada juga beberapa sumber gula yang lain seperti kelapa.

Namun gula bukan hanya bermanfaat untuk jadi campuran masakan ataupun minuman saja, gula juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Melansir dari 99.co (24/6/2019) inilah manfaat lain gula.

Ini 6 Manfaat Gula untuk Kebutuhan Rumah Tangga

1. Menjaga Kesegaran Bunga

Salah satu cara yang efektif untuk memperpanjang umur bunga segar adalah dengan memasukan potongan batang bunga ke dalam vas berisi air, namun jika Anda tambahkan gula dalam air tersebut maka umur bunga akan semakin panjang. Tambahkan tiga sendok teh gula dan dua sendok makan cuka ke dalam vas berisi air. Senyawa glukosa dalam gula memelihara batang tanaman, memperpanjang umur bunga, sedangkan cuka berfungsi sebagai mencegah pertumbuhan bakteri.

[Baca Juga: 3 Furnitur Ini Bisa Dibuat dari Sampah]

2. Membersihkan Noda Klorofil Di Pakaian

Enzim dalam gula dapat membantu memecah senyawa klorofil yang ada di rumput dan dedaunan. Campur gula dengan air hangat sampai membentuk pasta kental kemudian oleskan langsung ke noda. Biarkan selama satu sampai dua jam sebelum mencuci pakaian seperti biasa.

Ini 6 Manfaat Gula untuk Kebutuhan Rumah Tangga

3. Membersihkan Mesin Kopi

Bagi Anda yang memiliki mesin kopi, ada baiknya dibersihkan setiap sebulan sekali karena residu biji kopi dan minyak berlebih sering menumpuk di mesin setelah diseduh berulang kali. Gula dapat membantu menyerap bau dan kelembaban untuk mencegah tumbuhnya jamur di dalam mesin kopi. Tuangkan seperempat cangkir gula yang telah dicampur dengan air ke dalam mesin kopi kemudian didihkan, lalu bilas dengan air bersih.

Ini 6 Manfaat Gula untuk Kebutuhan Rumah Tangga

4. Hilangkan Minyak atau Rasa Lengket

Mencuci tangan dengan sabun cair mungkin tidak cukup untuk menghilangkan lemak yang membandel, sehingga setelah mencuci tangan dengan sabun akan terasa licin ataupun lengket. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup gosok tangan Anda dengan campuran minyak zaitun dan gula dengan takaran yang sama sebelum dibilas sampai bersih.

[Baca Juga: Bersih Seperti Baru, Ikuti Tips Merawat Perabotan Berwarna Putih]

5. Pengawet Alami Makanan

Gula juga dapat membuat cemilan, kue, dan keju yang Anda simpan di kulkas lebih tahan lama dan tidak berjamur. Simpan makanan di wadah kedap udara dengan beberapa gula batu di dalamnya.

6. Jadi Perangkap Serangga

Anda juga bisa memanfaatkan gula sebagai perangkap serangga dengan cara mendidihkan gula sampai teksturnya lengket seperti karamel. Kemudian tuang campuran ke dalam toples terbuka dan letakkan di area yang Anda inginkan. Campuran lengket ini akan membantu menjebak serangga-serangga yang menghinggapi gula tersebut. Anda juga bisa mencampur gula dan soda kue dengan menaburkannya di sekitar area tertentu. Gula akan menarik serangga, sementara komponen kimia dalam soda kue membunuh mereka.

Itulah beberapa manfaat gula untuk rumah tangga yang bisa Anda manfaatkan dan praktekan di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.